PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN NAHWU MENGGUNAKAN KITAB AL-JURUMIYAH JAWANDI KELAS SATU PONDOK PESANTREN DARUL ABROR WATUMAS PURWOKERTO UTARA

Abu Said, NIM. 1123302007 (2019) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN NAHWU MENGGUNAKAN KITAB AL-JURUMIYAH JAWANDI KELAS SATU PONDOK PESANTREN DARUL ABROR WATUMAS PURWOKERTO UTARA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (920kB) | Preview
[img] Text
ABU SAID_PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN NAHWU MENGGUNAKAN KITAB AL-JURUMIYAH JAWAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Problematika adalah masalah yang terjadi pada saat seseorang mencapai tujuan dan dalam pelaksanaannya menemui kesukaran. Dalam pembelajaran bahasa problematika dibagi menjadi dua, yaitu problematika lingustik dan problematika non lingustik. Pembelajaran adalah proses interaksi siswa dengan pendidikan dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses perolehan ilmu dan pengetahuan. Nahwu adalah ilmu yang mempelajari tentang jabatan kata dalam kalimat dan harakat akhirnya, baik secara ‘irab (berubah) atau bina’ (tetap). Skripsi ini mengkaji tentang problematika pembelajaran nahwu menggunakan kitab Al-Jurumiyah Jawan Kelas Satu Pondok Pesantren Darul Abror Watumas Purwokerto Utara. Melihat dalam suatu proses belajar mengajar tentunya tidak lepas dari suatu masalah atau problem yang ditemui dalam proses belajar mengajar sering kali ditemui dan banyak macamnya. Mulai dari permasalahan murid ataupun dari gurunya tersendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran nahwu menggunakan kitab Al-Jurumiyah Jawan, sistematika, isi kitab dan problematika dalam proses pembelajaran nahwu menggunakan kitab Al-Jurumiyah Jawan Kelas Satu Pondok Pesantren Darul Abror Watumas Purwokerto Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan metode penelitian deskriptif kualitatif serta penyajian analisis data non statistik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis model Miles dan Huberman yang meliputi analisis sebelum lapangan dan analisis setelah di lapangan yaitu Reduksi data (Data Reduction), Penyajian Data (Data Display), dan Verifikasi (Clonclution Drawing). Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan, penulis berkesimpulan bahwasannya problematika yang terjadi di kelas Satu Pondok Pesantren Darul Abror diantaranya adalah kurang kondusipnya tempat pembelajaran dikarenakan dalam satu majlis atau kelas terdapat tiga kelas, kurangnya santri dalam memahai teks Arab jawan dikarenakan kebanyakan dari santri lulusan tingkat SMA/SMK dan awamnya santri terhadap lingkungan pesantren/baru pertama kali mondok, sehingga membuat santri sulit dalam memahami teks.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problematika, Nahwu
Subjects: 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.72 Tata Bahasa Arab > 492.727 Pendidikan Tata Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 15 Jul 2019 07:11
Last Modified: 15 Jul 2019 07:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5460

Actions (login required)

View Item View Item