Metode Hypnoteaching pada Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah Istiqomah Sambas Kabupaten Purbalingga

Umi Latifah, 1617631014 (2019) Metode Hypnoteaching pada Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah Istiqomah Sambas Kabupaten Purbalingga. Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAPUS.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
UMI LATIFAH-METODE HYPNOTEACHING.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Salah satu hal yang menentukan keberhasilan dalam pembelajaran adalah pembelajaran yang berkualitas. Dengan proses pembelajran yang berkualitas maka tujuan dari pembelajaran akan tercapai secara maksimal. Metode hypnoteaching yang digunakan dalam sistem pembelajaran memegang peranan sangat penting dalam keberhasilannya. Tesis ini dilatarbelakangi dengan adanya penggunaan metode hypnoteaching pada pembelajaran tematik yang dilakukan oleh guru kelas di Madrasah Ibtidaiyah Istiqomah Sambas Kabupaten purbalingga untuk menyampaikan materi pada pembelajaran tematik, sehingga mereka mampu menguasai kompetensi sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditentukan. Penelitian ini bertujuan Untuk mendiskripsikan metode hypnoteaching pada pembelajaran tematik di Madrasah Ibtidaiyah Istiqomah Sambas Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang diarahkan pada field research. Jenis data yang digunakan adalah data-data yang diperoleh bersumber dari observasi, pengumpulan data di lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan dengan analisis data mengacu pada model Miles dan Huberman, yaitu dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan Metode Hypnoteaching pada Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah Istiqomah Sambas Kabupaten Purbalingga sangat bermanfaat digunakan untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Penggunaan hypnoteaching membuat guru lebih mudah dalam mengelola pembelajaran dengan pola komunikasi yang baik. Dalam pelaksanaannya, langkah-langkah yang digunakan dalam hypnoteaching diantaranya adalah adanya motivasi diri, pacing, leading, modelling, dan memberikan pujian. Secara umum, penerapan hypnoteching dalam pembelajaran dilaksanakan dengan baik dan lancar sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Hypnoteaching, Pembelajaran, dan Tematik
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 15 May 2019 03:23
Last Modified: 15 May 2019 03:23
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5447

Actions (login required)

View Item View Item