PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI SD ISLAM TERPADU PUTRA HARAPAN PURWOKERTO

Indah Puji Astuty, NIM. 1223302020 (2019) PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI SD ISLAM TERPADU PUTRA HARAPAN PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
INDAH PUJI ASTUTY_1223302020_COVER_BAB I_BABV_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (578kB) | Preview
[img] Text
INDAH PUJI ASTUTY_1223302020_PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB D.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Sulitnya bahasa Arab membuat minat siswa menurun. Sedangkan anak usia sekolah dasar menginginkan suatu pembelajaran yang menyenangkan khususnya dalam pembelajaran bahasa Arab. Berdasarkan latar belakang tersebut maka yang menjadi masalah penelitian adalah “ Penerapan Pembelajaran pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di SD Islam Terpadu Putra Harapan Purwokerto” Penerapan pembelajaran kontekstual dapat memberikan pengalaman dan motivasi bagi siswa karena membawa siswa pada fenomena nyata. Motivasi belajar siswa diukur dengan empat motivasional yaitu perhatian (attention), Relevansi (relevance), kepercayaan diri (confidence) dan kepuasan (satisfaction). Salah satu tugas seorang guru adalah membimbing peserta didik untuk mendapatkan informasi, mengembangkan ide-ide, keterampilan dan bagaimana cara yang efektif dan efisien dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran proses pembelajaran kontekstual yang terkait pelaksanaan pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Arab di SD Islam Terpadu Putra Harapan Purwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek dan objek penelitiannya adalah siswa dan guru SD Islam Terpadu Putra Harapan Purwokerto. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar teks wawancara dan buku catatan hasil wawancara dan observasi. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif guna mendiskripsikan dan menganalisis proses pembelajaran. Selanjutnya hasil data dan informasi tersebut dipaparkan melalui penjelasan. Dari hasil tersebut bahwa upaya guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Arab dengan cara diterapkannya pendekatan kontekstual sudahlah maksimal karena pembelajaran kontekstual sendiri sangat efektif untuk meningkatkan keterlibatan peserta didik secara langsung/nyata terhadap bahan ajar. Selanjutnya hasil data dan informasi tersebut dipaparkan melalui penjelasan sehingga dapat ditarik kesimpulan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, pembelajaran kontekstual, bahasa Arab
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Language Skills for Elementary Education
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 06 May 2019 03:18
Last Modified: 06 May 2019 03:18
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5444

Actions (login required)

View Item View Item