PELAKSANAAN PENGAJARAN MAHĀRAH AL-KALĀM FI AL-LUGHAH AL-‘ARABIYAH DI MTs PP DARUL QURRO KAWUNGANTEN CILACAP TAHUN AJARAN 2017-2018

Muhammad Fathurrohman, NIM. 1323302066 (2019) PELAKSANAAN PENGAJARAN MAHĀRAH AL-KALĀM FI AL-LUGHAH AL-‘ARABIYAH DI MTs PP DARUL QURRO KAWUNGANTEN CILACAP TAHUN AJARAN 2017-2018. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (583kB)
[img] Text
MUHAMMAD FATHURROHMAN_PELAKSANAAN PENGAJARAN MAHaRAH AL-KALAM FI AL-LUGHAH AL-‘ARABIYAH DI MTs PP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Keterampilan berbicara (mahārah al-kalām) merupakan kemampuan mengungkapkan bunyi artikulasi atau kata-kata untuk mengekpresikan pikiran berupa ide, gagasan, keinginan, atau perasaan kepada lawan bicara yang diungkapkan menggunakan bahasa Arab secara aktif. Tujuan peneliti melakukan penelitian adalah untuk mengetahui pelaksanaan pengajaran mahārah al-kalām di MTs PP Darul Qurro Kawunganten tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu menggambarkan permasalahan yang ada sesuai dengan data yang ditemukan di lapangan. (deskripstif). Dalam penelitian ini penulis menggambarkan mengenai proses pengajaran mahārah al-kalām di MTs PP Darul Qurro Kawunganten. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah, guru bahasa Arab, dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa MTs PP Darul Qurro Kawunganten merupakan sekolah modern yang di dalamnya terdapat lingkungan bahasa (bi’ah al-lughawiyyah) dengan berbagai program kebahasaan, seperti pemberian kosa-kata, muḥādaṡah, dan pidato. Tahapan pengajaran mahārah al-kalām dilakukan dalam dua tahap, yakni tahap 1 sampai 6 bulan awal siswa masuk sekolah dan setelah lewat masa 6 bulan. Materi bahasa Arab (Tamrin Lughah) yang diajarkan menggunakan kitab Durūs al-Lughah al-‘Arabiyyah jilid 1 karya Mahmud Yunus. Metode yang digunakan yaitu direct method atau tharīqah al-mubāsyirah dengan menggunakan beberapa teknik yaitu teknik ulang-ucap, lihat dan ucapkan, menjawab pertanyaan, bertanya, dan muḥādaṡah, dan diskusi. Sedangkan media yang digunakan yaitu media papan tulis, dan benda-benda disekitar sebagai alat peraga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengajaran, Mahārah al-Kalām
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.331 Tsanawiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 12 Mar 2019 02:03
Last Modified: 12 Mar 2019 02:03
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5418

Actions (login required)

View Item View Item