PENANAMAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA SISWA DI SMA NEGERI 1 CILACAP

IIS KURNIATUN, NIM. 1522606012 (2019) PENANAMAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA SISWA DI SMA NEGERI 1 CILACAP. Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (718kB) | Preview
[img]
Preview
Text
IIS KURNIATUN_PENANAMAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA SISWA DI SMA NEGERI 1 CILACAP.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kerusakan lingkungan semakin merajalela di masyarakat. Hal yang sering kita alami antara lain polusi udara akibat banyaknya kendaraan bermotor, kurangnya air saat kemarau dan lain sebagainya. Kualitas lingkungan hidup semakin mengalami penurunan. Berbagai upaya pelestarian lingkungan hidup mulai dilakukan. Salah satu nilai karakter yang digagas oleh Kemendikbud ialah peduli lingkungan. Gagasan nilai karakter tersebut disambut baik oleh Kementerian Negara Lingkungan Hidup (KNLH) sehingga kedua kementerian tersebut mengembangkan suatu program pendidikan lingkungan hidup melalui program adiwiyata. SMAN 1 Cilacap merupakan sekolah rujukan yang sudah berstatus adiwiyata nasional sehingga proses penanaman karakter yang dilaksanakan pada siswa akan dicontoh oleh sekolah lain. Rumusan masalah penelitian ini ialah bagaimana penanaman karakter peduli lingkungan pada siswa di SMAN 1 Cilacap. Manfaat dari penelitian ini secara teoritik memberikan paradigma yang lebih komprehensif tentang penanaman karakter peduli lingkungan di lembaga pendidikan. Sedangkan manfaat praktisnya dapat menjadi informasi dan referensi untuk mengaplikasikan penanaman karakter peduli lingkungan khususnya pada sekolah binaan dan lembaga lain pada umumnya. Pada penelitian ini, penulis mengacu pada petunjuk teknis dan pelaksanaan Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan Program Adiwiyata yang digagas oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bersama Kementerian Negara Lingkungan Hidup (KNLH) dengan menganalisisnya menggunakan teori dari Thomas Lickona dan Yusuf Al Qaradhawi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif-kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa tim adiwiyata, pembina tim adiwiyata, seksi bidang 9K, dan seluruh siswa, guru dan karyawan SMAN 1 Cilacap. Objek penelitiannya adalah penanaman karakter peduli lingkungan pada siswa di SMAN 1 Cilacap. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi, dan triangulasi data dengan menggunakan teknik analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penanaman karakter peduli lingkungan pada siswa di SMAN 1 Cilacap melalui tiga pendekatan yaitu pendekatan berbasis kelas, berbasis budaya sekolah dan berbasis masyarakat/komunitas. Dari tiga pendekatan tersebut, ada beberapa kegiatan yang paling berpengaruh dalam proses penanaman karakter peduli lingkungan: 1) Berbasis kelas; piket kelas dan hemat energi. 2) Berbasis Budaya Sekolah; reduce, reuse, replace, recycle dan buang sampah pada tempatnya. 3) Berbasis Masyarakat/Komunitas; replant.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: karakter dan peduli lingkungan
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3304 Bimbingan dan Penyuluhan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3308 Peserta Didik
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.6 Physical Plants of School
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 11 Mar 2019 02:17
Last Modified: 11 Mar 2019 02:17
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5390

Actions (login required)

View Item View Item