PENANAMAN KARAKTER DISIPLIN PADA SANTRI PUTRI PONDOK PESANTREN AL HIDAYAH KARANGSUCI PURWOKERTO MELALUI SELF DIRECTED LEARNING

ATIQOTU ROHMAH, NIM. 1423301172 (2019) PENANAMAN KARAKTER DISIPLIN PADA SANTRI PUTRI PONDOK PESANTREN AL HIDAYAH KARANGSUCI PURWOKERTO MELALUI SELF DIRECTED LEARNING. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB)
[img] Text
PENANAMAN KARAKTER DISIPLIN PADA SANTRI PUTRI PONDOK PESANTREN AL HIDAYAH KARANGSUCI PURWOKERTO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (688kB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang penanaman karakter disiplin pada santri putri di Pondok Pesantren Al-Hidayah Karangsuci Purwokerto. Sudah tidak dipungkiri lagi bahwasanya akhir-akhir ini permasalahan yang sering dibahas adalah permasalahan seputar kedisiplinan. Kedisiplinan ini menjadi sorotan penting baik dalam dunia pendidikan maupun dalam kehidupan bermasyarakat. Pondok Pesantren Al-Hidayah Karangsuci Purwokerto merupakan salah satu pondok yang dipandang telah menanamkan karakter disiplin bagi santrinya. Penelitian ini fokus pada : “Bagaimana penanaman karakter disiplin pada santri putri melalui self directed learning”. Penelitian dilaksanakan di Pondok Pesantren Al-Hidayah Karangsuci Purwokerto karena jumlah santri di Pondok Pesantren tersebut cukup banyak, dan mayoritas adalah mahasiswa serta adanya permasalahan yang terjadi di pondok tersebut yaitu pelanggaran kedisiplinan yang masih cukup tinggi, sehingga apa saja kiat penanaman karakter disiplin disana menarik untuk diteliti. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif serta menggunakan metode penelitian studi kasus. Data-data dikumpulkan dengan metode 1) Observasi, yang digunakan untuk memperoleh gambaran tentang penanaman karakter disiplin di Pondok Pesantren Al-Hidayah. 2) Wawancara, dilakukan untuk mendapatkan data-data yang berhubungan dengan penanaman karakter disiplin melalui Self directed learning. 3) Dokumentasi, digunakan untuk mengumpulkan data tentang sejarah berdirinya pondok pesantren, struktur organisasi, keadaan ustadz, santri dan kurikulum. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman, adapun teknik analisis data terdiri dari tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa penanaman karakter disiplin pada santri putri Pondok Pesantren Al Hidayah Karangsuci melalui self directed learning sudah dilaksanakan dengan baik melalui kegiatan sehari-hari seperti kegiatan mengaji madrasah diniyyah, piket harian dan mingguan pondok, dan juga shalat subuh, maghrib dan Isya secara berjamaah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penanaman, Disiplin, Pondok Pesantren, Self Directed Learning
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 11 Mar 2019 06:49
Last Modified: 11 Mar 2019 06:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5381

Actions (login required)

View Item View Item