STRATEGI PEMASARAN PEMBIAYAAN MIKRO KEPADA NASABAH NON MUSLIM DI BRI SYARIAH KANTOR CABANG PEMBANTU CILACAP

WAKHID ANDRI SETIAWAN, NIM. 1522203046 (2019) STRATEGI PEMASARAN PEMBIAYAAN MIKRO KEPADA NASABAH NON MUSLIM DI BRI SYARIAH KANTOR CABANG PEMBANTU CILACAP. Diploma thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.PDF
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
WAKHID ANDRI SETIAWAN_STRATEGI PEMASARAN PEMBIAYAAN MIKRO KEPADA NASABAH NON MUSLIM .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

BRI Syariah KCP Cilacap mempunyai strategi pemasaran untuk tetap bisa mengeksistensikan keberadaannya dan tetap bisa membuat nasabah-nasabahnya bertahan untuk tetap memakai dan memilih layanan pembiayaan mikro yang diberikan BRI Syariah khususnya nasabah non muslim. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan strategi pemasaran mempertahankan nasabah non muslim dalam pembiayaan mikro di BRI Syariah KCP Cilacap dengan sifat penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpul data wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan langsung dengan bagian Account Officer Mikro (AOM) BRI Syariah KCP Cilacap. Data-data tersebut dianalisis secara kualitatif dengan berfikir induktif. Hasil penelitian di BRI Syariah KCP Cilacap menunjukan bahwa strategi pemasaran kepada nasabah non muslim dalam pembiayaan mikro tidak berbeda dengan strategi-strategi konsumen pada umumnya yaitu dengan strategi pelayanan prima, strategi pasar berkesinambungan, strategi menangani keluhan nasabah, strategi menawarkan produk menarik dan strategi follow up nasabah dengan menggunakan strategi pemasaran 7P (product, process, people, place, price, physical evidence, promotion). Bisa dikatakan strategi yang dilakukan BRI Syariah KCP Cilacap cukup berhasil dengan melihat data peningkatan nasabah non muslim kepada pembiayaan mikro dalam kurun waktu tiga tahun, dari sistem pelayanan yang mengedepankan prinsip syariah dengan tidak menyalurkan pembiayaan terhadap usaha yang dilarang dan perkembangan bank yang semakin maju.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Pembiayaan Mikro, Nasabah Non Muslim.
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.27 Bank (BMT)
300 Social sciences > 330 Economics > 335 Socialism and related systems
300 Social sciences > 330 Economics > 339 Macroeconomics and related topics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Perbankan Syariah
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 12 Mar 2019 02:34
Last Modified: 12 Mar 2019 02:34
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5360

Actions (login required)

View Item View Item