PERAN GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI SISWA DALAM BELAJAR DI MA EL QOSIMI KARANGREJA KUTASARI KABUPATEN PURBALINGGA

RIZAL FAUZI, NIM.1423301338 (2019) PERAN GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI SISWA DALAM BELAJAR DI MA EL QOSIMI KARANGREJA KUTASARI KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB)
[img] Text
RIZAL FAUZI _PERAN GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN RAS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Sudah tidak dipungkiri lagi bahwasanya pada zaman sekarang banyak usia remaja bahkan dewasa, belum bisa mengendalikan rasa kepercaya diri mereka sendiri. Rasa percaya diri sangat penting nantinya ketika sudah dalam hidup bermasyarakat atau sudah berumah tangga, pada zaman sekarang banyak lembaga formal maupun non formal yang kurang menerapkan bagaimana seseorang anak agar bisa percaya diri terutama dalam pelajaran, MA-El Qosim karangreja Kabupaten purbalingga merupakan salah satu sekolahan yang baru berdiri yang begitu memperhatikan kodisi kepercayaan diri siswa-siswaya. Penelitian ini fokus pada : “Bagaimana Perang guru aqidah akhlak dalam meningkatkan rasa percaya diri siswa dalam belajar”. Penelitian dilaksanakan di MA-El Qosim Karangreja Kabupaten Purbalingga, karena jumlah siswa yang belum begitu banyak di MA-El Qosim dan mayoritas siswanya adalah pelajar dan santri pondok sehingga apa yang di lakukan oleh para guru-guru terutama guru aqidah akhlak yang begitu sangat spesifik dalam meningkatkan rasa percaya diri siswa karena mengajarkan juga bagaiman memiliki budi pekerti dan aqidah mereka sesuai dengan ajaran dalam agama Islam dan sangat menarik untuk untuk diteliti. Tujuan penelitian dilakukan untuk mengetahui tentang bagaiman peran guru aqidah akhlak dalam meningkatkan rasa percaya diri, mengetahui faktor pendukung dan penghambat peran guru aqidah akhlak dalam meningkatkan rasa percaya diri siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Subyek penelitian ini adalah peran guru aqidah akhlak dalam meningkatkan rasa percaya diri di MA-El Qosim Karangreja, Sedangkan metode pengumpulan datanya, menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan peneliti yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis yang peneliti lakukan di MA-El Qosim Karangreja Purbalingga, dapat diambil kesimpulan, bahwa Peran guru aqidah akhlak dalam meningkatkan rasa percaya diri siswa di MA El-Qosim Karangreja Purbalingga, secara umum ada enam metode yang dilakukan oleh guru yaitu, metode pendekatan, jigsau, ceramah, khitobah, bermain, dan metode penulisan kekurngan dan kelebihan siswa yang dimiliki.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru Aqidah Akhlak, Rasa Percaya diri, MA
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak > 2x5.12 Akhlak berdasarkan aqli
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.332 Aliyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 06 Mar 2019 06:47
Last Modified: 06 Mar 2019 06:47
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5322

Actions (login required)

View Item View Item