PEMBINAAN BACA TULIS AL-QUR’AN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP MUHAMMADIYAH 1 PURWOKERTO

LAELI FITRIYANI, NIM. 1423301056 (2019) PEMBINAAN BACA TULIS AL-QUR’AN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP MUHAMMADIYAH 1 PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (749kB)
[img] Text
LAELI FITRIANI_PEMBINAAN BACA TULIS AL QUR'AN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (975kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari realita di lapangan bahwa pendidikan agama Islam sudah berlangsung lama, bahkan jauh sebelum Indonesia merdeka. Namun, sampai saat ini mutu pendidikan Agama Islam belum terlalu signifikan. Banyak orang pintar di Indonesia, akan tetapi kelakuan atau akhlaknya masih ada yang kurang terpuji. Lebih dari itu, banyak peserta didik yang lulus mata pelajaran PAI hampir pada setiap jenjang pendidikan, namun dalam hal baca tulis Al-Qur’an kualitasnya masih kurang baik. Padahal Al-Qur’an adalah dasar dari segala ilmu dunia maupun akhirat. Kenapa demikian? Karena mata pelajaran PAI belum mampu memberikan porsi yang baik dalam materi Baca Tulis Al-Qur’an. Dalam kenyataannya mata pelajaran PAI disekolah umum hanya diberikan 2-3 jam setiap minggunya, sedangkan di madrasah atau sejenisnya sekitar 7- 12 jam setiap minggunya.. Oleh karena itulah perlu adanya pembinaan baca Tulis Al-Qur’an khususnya pada usia anak sekolah menengah pertama sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan agama Islam. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dalam pembinaan baca tulis Al-Qur’an sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan digolongkan ke dalam kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan data penelitian ini menggunakan tiga proses yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan implementasi pembinaan baca tulis Al-Qur’an sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto dilakukan dengan mengadakan jam pembelajaran tambahan untuk kelas 7, 8, 9 intensif dan ICT, serta pada jam wali kelas dengan melakukan mentoring selama 2 bulan penuh untuk kelas 7 Reguler, 7 intensif dan 7 ICT. Bentuk pembinaanya terbagi kedalam 3 tahap yakni perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pada tahap perencanaan guru membuat prota, promes dan silabus yang didalamnya telah dicantumkan metode, media, waktu dan evaluasi apa yang akan digunakan. Pada tahap pelaksanaan dilakukan dengan tiga langkah yakni klasikal 1 (Pembukaan), kegiatan inti (privat) dan klasikal 2 (penutup). Evaluasi yang dilakukan adalah evaluasi/penilaian tes dan jenis evaluasi yang digunakan adalah penilaian formatif dan penilaian sumatif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembinaan Baca Tulis Al-Qur’an, Mutu Pendidikan Agama Islam
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an > 2x1.12 Ilmu Qiraat (termasuk macam qiraat dan tajwid)
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.331 Tsanawiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 06 Mar 2019 03:08
Last Modified: 06 Mar 2019 03:08
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5315

Actions (login required)

View Item View Item