PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK PADA SISWA KELAS III MI MUHAMMADIYAH KARANGLO CILONGOK BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2018/2019

WIWIT NUR HIDAYATI, NIM. 1223310033 (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK PADA SISWA KELAS III MI MUHAMMADIYAH KARANGLO CILONGOK BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (464kB) | Preview
[img] Text
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA RE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (854kB)

Abstract

Pada observasi awal, pembelajaran berlangsung monoton. Pembelajaran hanya berpusat pada guru. Siswa terlihat bingung, takut, dan mengobrol dengan temannya. Akibatnya hasil belajar matematika materi perkalian rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa pendekatan Pendidikan Matematika Realistik merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan Pendidikan Matematika Realistik siswa diberikan kesempatan untuk mengaitkan matematika dalam kehidupan sehari-hari sehingga belajar matematika menjadi lebih bermakna. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu penelitian yang terdiri dari beberapa siklus tindakan dalam pembelajaran, di mana setiap siklus terdiri dari empat tahapan yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Metode analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian dengan menerapkan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada proses pembelajaran matematika materi perkalian mengalami peningkatan yaitu dari pra-siklus 35%, siklus I 65%, dan siklus II 85%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil, Belajar, Pendekatan, Matematika, Realistik.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 27 Feb 2019 00:02
Last Modified: 27 Feb 2019 00:02
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5311

Actions (login required)

View Item View Item