PENANAMAN NILAI – NILAI AKHLAQUL KARIMAH DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI PURWOKERTO Zulfa Binta Hasanah NIM. 102331091

Zulfa Binta Hasanah, Zulfa (2015) PENANAMAN NILAI – NILAI AKHLAQUL KARIMAH DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI PURWOKERTO Zulfa Binta Hasanah NIM. 102331091. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
0. ABSTRAK.docx

Download (15kB)
[img] Text
ZULFA BINTA HASANAH_102331091.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

PENANAMAN NILAI – NILAI AKHLAQUL KARIMAH DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI PURWOKERTO Abstrak Permasalahan dunia saat ini yang banyak mendapat sorotan adalah masalah karakter peseta didik yang tercermin dalam bentuk perilaku. Banyaknya kasus kekerasan, perkelahian, tawuran, bahkan pelecehan seksual menyebabkan dunia pendidikan kehilangan jati diri. Penanaman nilai-nilai akhlak menjadi salah satu alternatif untuk menanamkan akhlakul karimah kepada peserta didik sehingga peserta didik mampu membentengi dirinya dari perbuatan tercela. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan cara yang dilakukan oleh guru madrasah dalam menanamkan nilai-nilai akhaqul karimah kepada peserta didiknya. Fokus permasalahan yang akan dicari jawabannya adalah “Bagaimana penanaman nilai-nilai akhlaqul karimah di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Purwokerto?” Bentuk-bentuk penanaman nilai akhlaqul karimah yaitu, akhlak terhadap Allah SWT, akhlak terhadap sesama manusia dan akhlak terhadap alam. Sedangkan metode yang digunakan untuk penanaman akhlaqul karimah, antara lain : metode uswah atau keteladanan, metode hiwar atau percakapan, metode qishos atau cerita, metode amstal atau perumpamaan, metode pembiasaan,metode ‘ibrah, metode janji dan ancaman. Adapun tahapan – tahapan penanaman akhlakul karimah ada 4 tahap, yaitu : tahap penanaman adab (umur 5 – 6 tahun),tahap penanaman tanggungjawab (umur 7 – 8 tahun), tahap penanaman kepedulian (umur 9 – 10 tahun), tahap penanaman kemandirian (umur 11 – 12 tahun). Dilihat dari lokasinya, penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan metode analisa kualitatif dengan cara reduksi data, penyajian data, mengambil kesimpulan. Penanaman nilai akhlaqul karimah di MIN Purwokerto dilakukan dengan tiga bentuk yaitu, akhlak terhadap Allah SWT, akhlak terhadap sesama manusia dan akhlak terhadap alam. Sedangkan metode yang antara lain : metode uswah atau keteladanan, metode hiwar atau percakapan, metode qishos atau cerita, metode amstal atau perumpamaan, metode pembiasaan,metode ‘ibrah, metode janji dan ancaman. Adapun tahapan – tahapan penanaman akhlakul karimah ada 4 tahap, yaitu : tahap penanaman adab (umur 5 – 6 tahun),tahap penanaman tanggungjawab (umur 7 – 8 tahun), tahap penanaman kepedulian (umur 9 – 10 tahun), tahap penanaman kemandirian (umur 11 – 12 tahun). Kata Kunci : Penanaman Nilai, Akhlaqul Karimah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penanaman Nilai, Akhlaqul Karimah, Pendidikan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: ?? tar_ai ??
Depositing User: Users 31 not found.
Date Deposited: 13 May 2016 01:31
Last Modified: 22 Jun 2016 06:37
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/53

Actions (login required)

View Item View Item