PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MUATAN LOKAL BAHASA JAWA DAN BAHASA INGGRIS DI KELAS V MI MA’ARIF NU BANJARANYAR SOKARAJA BANYUMAS

SUPRIANTORO, NIM 1323310030 (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MUATAN LOKAL BAHASA JAWA DAN BAHASA INGGRIS DI KELAS V MI MA’ARIF NU BANJARANYAR SOKARAJA BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
cover_bab 1_bab 5_daftar pustaka.pdf

Download (705kB) | Preview
[img] Text
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MUATAN LOKAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

MI Ma’arif NU Banjaranyar sebagai sebuah lembaga pendidikan menyadari bahwa tujuan pembelajaran akan tercapai jika mereka membuat pembelajaran sesuai dengan gaya belajar dan juga tingkat intelektualitas dari para siswanya. Salah satu mata pelajaran yang dianggap perlu perlakuan mendalam adalah mata pelajaran bahasa Jawa dan bahasa Inggris yang termasuk dalam rumpun muatan lokal dengan tujuan menanamkan keterampilan berbahasa yang terdiri dari menulis, membaca, mendengar dan berbicara. Mengingat kebutuhan tersebut maka dilakukanlah sebuah pengembangan bahan ajar dengan tujuan untuk memenuhi gaya belajar dan tingkat intelektualitas siswanya. Tujuan dari penelitian yang dilakukan oleh penulis ini adalah untuk memberikan gambaran atau penjelasan secara terperinci terkait langkah-langkah dalam pengembangan bahan ajar muatan lokal bahasa jawa dan bahasa Inggris. Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan pendekatan field research (penelitian lapangan) yang pada akhirnya akan menghasilkan sebuah laporan dalam bentuk deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah mereka yang berkompeten untuk penulis mintai data terkait aktifitas pengembangan bahan ajar di madrasah tersebut, yaitu kepala MI Ma’arif NU Banjaranyar, guru bahasa Jawa dan bahasa Inggris Kelas V serta siswa kelas V madrasah tersebut. Untuk pengumpulan data dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik observasi, interview dan wawancara. Selanjutnya, untuk analisis data penulis menggunakan teknik yang dikembangkan oleh Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa langkah-langkah yang dilaksanakan oleh guru dalam pengembangan bahan ajar ini adalah meliputi analisis kurikulum, analisis sumber belajar, analisis kebutuhan siswa, penyusunan dan kemudian bahan ajar tersebut dikembangkan dalam sebuah modul pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Muatan Lokal, Bahasa Jawa dan Bahasa Inggris, Pengembangan Bahan Ajar Muatan Lokal Bahasa Jawa dan bahasa Inggris
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 06 Mar 2019 03:16
Last Modified: 06 Mar 2019 03:16
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5291

Actions (login required)

View Item View Item