PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR PADA MATA PELAJARAN FIQIHKELAS XI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI3CILACAP KECAMATAN KROYAKABUPATEN CILACAP

NUR WENING ISTIANINGDYAH, NIM.1423301107 (2019) PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR PADA MATA PELAJARAN FIQIHKELAS XI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI3CILACAP KECAMATAN KROYAKABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAK.pdf

Download (727kB) | Preview
[img] Text
NUR WENING ISTIANINGDYAH_PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR PADA MAT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Sumber belajar merupakan komponen yang sangat penting dalam suatu proses belajar mengajar. Pemanfaatan sumber belajar dapat dilakukan dengan mengelola dan memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada di sekolah menjadi sumber belajar yang dapat menunjang untuk kegiatan pembelajaran. Adanya pemanfaatan sumber belajar yang maksimal, suatu proses pembelajaran tidak hanya efektif tapi juga menyenangkan, sehingga siswa menjadi lebih terkesan dan terdorong untuk mengikuti pembelajaran dengan baik.Dengan hal seperti itu peneliti melakukan penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 3 Cilacap dengan judul Pemanfaatan Sumber Belajar pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah Negeri 3 Cilacap. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Pemanfaatan Sumber Belajar pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah Negeri 3 Cilacap?”. Tujuan dari penelitian iini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis Pemanfaatan Sumber Belajar pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah Negeri 3 Cilacap. Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh oleh penulis yaitu dengan cara mengumpulkan seluruh data, mereduksi data, menyajikan data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pemanfaatan Sumber Belajar pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah Negeri 3 Cilacap kabupaten Cilacap sudah memaksimalkan dari sumber yang telah tersedia dari sarana dan prasarana di madrasah. Hal ini karena ditunjang dengan adanya sarana dan prasarana yang sudah memadai dan mendukung proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan, Sumber Belajar dan Mata Pelajaran Fiqih.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 28 Feb 2019 01:35
Last Modified: 28 Feb 2019 01:35
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5243

Actions (login required)

View Item View Item