MENGEMBANGKAN MINAT BACA ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN LITERASI PERPUSTAKAAN DI TK MASYITHOH 25 SOKARAJA

IKOM PRASETIYANI, NIM. 1423311018 (2019) MENGEMBANGKAN MINAT BACA ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN LITERASI PERPUSTAKAAN DI TK MASYITHOH 25 SOKARAJA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (563kB) | Preview
[img] Text
MENGEMBANGKAN MINAT BACA ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN LITERASI PERPUSTAKAAN DI TK MASYITHOH 25.pdf
Restricted to Registered users only

Download (837kB)

Abstract

Mengembangkan minat baca harus dilakukan dengan cara variatif artinya tingkat konsentrasi anak tidak panjang dan mereka mudah beralih oleh sesuatu yang menarik perhatian anak. Proses belajar membaca harus menyenangkan seperti bermain agar tidak merasa bosan. Kemampuan membaca berhubungan dengan minat dan kebiasaan membaca. Mengembangkan minat baca dengan kegiatan perpustakaan yang menyenangkan dapat meningkatkan minat baca. Dari kegiatan mengembangkan minat baca dapat memunculkan indikator-indikator minat baca yang tumbuh pada diri anak. Membaca merupakan jantung pendidikan. Membaca menjadi kebutuhan dan kegiatan sehari-hari setiap manusia dan dalam kehidupan masyarakat. Karena dengan membaca akan memperoleh berbagai macam informasi. Peran orang tua juga sangat penting dalam mengembangkan minat baca anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan serta menganalisis tentang kegiatan mengembangkan minat baca anak usia dini melalui kegiatan literasi perpustakaan di TK Masyithoh 25 Sokaraja yang dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana mengembangkan minat baca anak usia dini melalui kegiatan literasi perpustakaan. Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian lapangan yang dilaksananakan di TK Masyithoh 25 Sokaraja. Menggunakan penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif. Metode dalam pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data menggunakan cara reduksi data, penyajian data, dan verivikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mengembangkan minat baca anak usia dini melalui kegiatan literasi perpustakaan di TK Masyithoh 25 Sokaraja yaitu sangat meningkat, dapat mengembangkan minat baca anak dan kompeten. Guru sudah sangat kompeten dalam mengembangkan minat baca dan terlihat pada indikatorindikator minat membaca anak yang tumbuh pada diri anak. Literasi sangat penting diterapkan dan dikembangkan dimulai sejak anak-anak usia dini memahami informasi saat melakukan proses membaca dan menulis. Perpustakaan mempunyai peran penting dalam mengembangkan minat baca.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat Baca, Literasi, Perpustakaan
Subjects: 000 Generalities > 020 Library and information sciences > 021 Library relationships
000 Generalities > 020 Library and information sciences > 028 Reading, use of other information media
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Reading
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 26 Feb 2019 00:33
Last Modified: 26 Feb 2019 00:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5230

Actions (login required)

View Item View Item