PROBLEMATIKA PEBELAJARAN KEMAHIRAN MENULIS BAHASA ARAB PADA KELAS VII DI MTs MA’ARIF NU 1 KEMBARAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

NISWAH QONITA AMAR, NIM. 1423302068 (2019) PROBLEMATIKA PEBELAJARAN KEMAHIRAN MENULIS BAHASA ARAB PADA KELAS VII DI MTs MA’ARIF NU 1 KEMBARAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (808kB) | Preview
[img] Text
NISWAH QONITA AMAR_PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN KEMAHIRAN MENULIS BAHASA ARAB PADA KELAS VII DI MTS .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Bahasa Adalah alat yang digunakan untuk berkomunikasi antar manusia baik secara lisan maupun tulisan. Pada suatu proses pembelajaran, guru dan siswa akan mengalami suatu problem atau permasalahan. Permasalahan tersebut berasal dari internal maupun eksternal. Salah satu permasalahan yang dialami pada proses belajar mengajar adalah pembelajaran bahasa Arab yang masih sulit untuk mengatasinya. Permasalahan yang menjadi fokus penelitian ini adalah apa saja problematika yang dihadapi oleh siswa kelas VII MTs Ma’arif NU 1 Kembaran khususnya pada pembelajaran menulis. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang teknik pengumpulan datanya dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan untuk menganalisi data dengan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Adapun yang menjadi subyek dalam penelitian ini adalah guru bahasa Arab dan siswa kelas VII MTs Ma’arif NU 1 Kembaran. Hasil penelitian ini yaitu adanya beberapa kesulitan yang dialami oleh siswa saat pembelajaran bahasa Arab berlangsung khususnya kemahiran menulis. Problem yang dialami siswa yaitu kurangnya spasi antar baris pada tulisan siswa, tulisan siswa tidak berenggang antar kata sehingga sulit untuk dibaca, siswa keliru saat menulis huruf yang bersambung, siswa sulit menulis huruf hijaiyah yang diucapkan oleh guru sebab tempat keluarnya huruf hijaiyah tersebut sama jadi menghasilkan bunyi yang hampir sama dan sebagian siswa belum hafal huruf hijaiyah, Kurang lancar membaca dan menguasai mufrodat, sehingga dalam menulis kurang teratur, siswa masih kesulitan untuk membuat kalimat sempurna tanpa melihat buku paket karena siswa belum bisa membedakan isim, fi’il, mubtada, khabar dan lain sebagainya, kebanyakan siswa lulusan dari SD, kurang minat dan motivasi untuk belajar bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problematika Pembelajaran Bahasa Arab, Kemahiran Menulis, maharoh kitabah, kitabah
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.331 Tsanawiyah
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 18 Feb 2019 04:12
Last Modified: 18 Feb 2019 04:12
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5224

Actions (login required)

View Item View Item