OPTIMALISASI KECERDASAN VERBAL LINGUISTIK ANAK USIA DINI DALAM PEMBELAJARAN MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL DI TK ISLAM TA’ALLUMUL HUDA BUMIAYU TAHUN AJARAN 2017/2018

KHOEROTUL MAHMUDAH, NIM. 1423311052 (2019) OPTIMALISASI KECERDASAN VERBAL LINGUISTIK ANAK USIA DINI DALAM PEMBELAJARAN MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL DI TK ISLAM TA’ALLUMUL HUDA BUMIAYU TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
KHOEROTUL MAHMUDAH_OPTIMALISASI KECERDASAN VERBAL LINGUISTIK ANAK USIA DINI DALAM PEMBELAJARAN ME.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kecerdasan verbal linguistik adalah kemampuan seseorang untuk menggunakan kata-kata secara efektif baik secara lisan maupun tulisan. Untuk mengoptimalkan kecerdasan verbal linguistik dalam pembelajaran guru TK Islam Ta’allumul Huda Bumiayu menggunakan media audio visual berupa LCD. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui optimalisasi kecerdasan verbal linguistik anak usia dini dalam pembelajaran menggunakan media audio visual di TK Islam Ta’allumul Huda Bumiayu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan optimalisasi kecerdasan verbal linguistik dalam pembelajaran melalui media audio visual di TK Islam Ta’allumul Huda Bumiayu tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field research) yang bersifat kualitatif. Teknika pengumpulan data yang dignakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data (data reduction), penyajian data (data dispay), dan kesimpulan (conclution). Hasil penelitian dari optimalisasi kecerdasan verbal linguistik dalam pembelajaran melalui media audio visual di TK Islam Ta’allumul Huda Bumiayu, yaitu pada pembelajaran materi tanah airku dan alam semesta guru memutar lagu anak-anak, film-film pendek dan kisah teladan dari para nabi dan rasul. Proses pembelajaranya diawali dengan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. penilaian digunakan untuk menentukan keberhasilan dari media yang digunakan dan untuk mengetahui efektifitas media dalam mencapai tujuan pembelajaran. Dalam pelaksanaanya, guru menyiapkan media yang akan digunakan yaitu laptop, LCD, spekear, dan video yang akan ditampilkan. Dengan perencanaaan yang guru buat, maka semua indikator pencapaian perkembangan bahasa dapat berkembang sesuai dengan tingkat perkembanganya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Verbal Linguistik, Anak Usia Dini, Pembelajaran, Media Audio Visual
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 18 Feb 2019 00:37
Last Modified: 18 Feb 2019 00:37
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5192

Actions (login required)

View Item View Item