PENDIDIKAN KEBERSIHAN DI PONDOK PESANTREN ROUDLOTUL HUDA TINGGARJAYA JATILAWANG BANYUMAS

ULFA NANGIMAH RODOTUL JANAH, NIM. 1423301075 (2019) PENDIDIKAN KEBERSIHAN DI PONDOK PESANTREN ROUDLOTUL HUDA TINGGARJAYA JATILAWANG BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (772kB) | Preview
[img] Text
ULFAH NANGIMAH RODOTUL JANAH_PENDIDIKAN KEBERSIHAN DI PONDOK PESANTREN ROUDLOTUL HUDA TINGGAR JAY.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan kebersihan adalah salah satu hal yang paling baik ketika dilakukan di pondok pesantren. Pendidikan kebersihan sangat mendominasi dalam pembentukan kepribadian santri. Pemantauan dan pemberian materi serta berbagai kegiatan dilakukan secara maksimal oleh dewan asatidz, seharusnya dapat dipastikan kebersihan santri akan membaik. Namun ternyata terdapat kesenjangan antara harapan dan kenyataan. Kita sering melihat pesantren-pesantren di sekitar kita lingkungannya kotor dan kumuh. Kita dapat melihat juga dengan rumah sakit Islam dengan rumah sakit orang yahudi lebih bersih rumah sakit yahudi padahal sumber materi tentang kebersihan terdapat dalam al-Qur‟an kitab sucinya umat Islam. Berpijak dari itulah peneliti melakukan penelitian di Pondok Pesantren Roudlotul Huda dengan judul Pendidikan Kebersihan di Pondok Pesantren Roudlotul huda Tinggarjaya, Jatilawang, Banyumas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pendidikan kebersihan di pondok pesantren yang terdapat di Pondok Pesantren Roudlotul Huda Tinggarjaya, Jatilawang, Banyumas baik dalam proses pembelajaran maupun praktek kebersihan dan lainnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yaitu jenis penelitian yang menghasilkan data deskriptif. Obyek dalam penelitian ini adalah pendidikan kebersihan dan subjeknya adalah pengasuh, dewan asatidz, pengurus, santri dan masyarakat pondok pesantren. Data diperoleh melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini mengacu pada model Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahap, antara lain : reduksi data, penyajian data, dan conclusing drawing/verivication. Pada penelitian ini digunakan uji kredibilitas untuk menguji keabsahan data. Uji kredibilitas digunakan dengan tringulasi sumber, dimana peneliti menguji data yang didapat dari narasumber dengan membandingkan antara satu narasumber dengan narasumber yang lainnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan kebersihan di pondok pesantren ada lima, yaitu: tujuan pendidikan kebersihan adalah bahwa tujuan pendidikan kebersihan untuk menjadikan santri yang mandiri dan dapat menjaga kebersihan diri serta berkarakter kebersihan secara Islami; kurikulum pendidikan kebersihan yang digunakan adalah Tafsir ayat al-Qur‟an, Hadits dan Kitab-kitab Fiqih tentang materi kebersihan; metode pendidikan kebersihan yaitu metode kalsikal, pembiasaan, keteladanan, hukuman, dan motivasi; proses evaluasi pendidikan kebersihan menyesuaikan dengan kurikulum pendidikan kebersihan di pondok pesantren; dan sarana-prasarana pendidikan kebersihan adalah alat-alat kebersihan berupa sapu lantai, sapu lidi, pel/gombal, serokan sampah, tempat sampah dan sebagainya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Kebersihan di Pondok Pesantren.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 21 Feb 2019 06:12
Last Modified: 21 Feb 2019 06:12
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5190

Actions (login required)

View Item View Item