KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI MI MA’ARIF NU KEDUNGRANDU PATIKRAJA KABUPATEN BANYUMAS TAHUN AJARAN 2018/2019

NURJANAH ULFAH, NIM. 1423305163 (2019) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI MI MA’ARIF NU KEDUNGRANDU PATIKRAJA KABUPATEN BANYUMAS TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (331kB) | Preview
[img] Text
NURJANAH ULFAH_KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI MI MA’ARIF NU KEDUNGRANDU PATIKRAJA KABUPATEN BANYUMA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (687kB)

Abstract

Undang-Undang Sistem Pendidikan No. 20 tahun 2003 dalam pasal 10 dijelaskan kompetensi guru meliputi; pemahaman wawasan atau landasan kependidikan, pemahaman terhadap peserta didik, pengembangan kurikulum dan silabus, perancangan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, pemanfaatan teknologi, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahuai bagaimana kompetensi pedagogik guru kelas v pada mata pelajaran IPA di Mi Ma’arif Nu Kedungrandu Patikraja Kabupaten Banyumas, yang diharapkan akan menambah wawasan terkait dengan kompetensi pedagogik. Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian kualitatif. Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari satu guru kelas V dan kepala Mi Ma’arif Nu Kedungrandu Patikraja. Dari hasil peneliti tersebut, kemudian data dikumpulkan dan dianalisis, setelah itu data direduksi, selanjutnya data tersebut disajikan dalam bentuk deskriptif yaitu berupa kata-kata atau kalimat yang dipisahpisahkan sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan penjelasan Pasal 28 . ayat (3) Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas V dalam mata pelajaran IPA MI Ma’arif NU Kedungrandu memiliki kompetensi dalam mengelola pembelajaran dikelas. Guru kelas V MI Ma’arif NU kedungrandu telah melakukan 7 komponen kompetensi pedagogik, yaitu: 1) pemahaman wawasan atau landasan kependidikan, 2) pemahaan peserta didik, 3) perancangan pembelajaran, 4) pelakasanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, 5) pengembangan kurikulum dan silabus, 6) pemanfatan teknologi pembelajaran, 7) evaluasi hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik, Guru
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 21 Feb 2019 01:08
Last Modified: 21 Feb 2019 01:08
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5186

Actions (login required)

View Item View Item