METODE MENGHAFAL AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN AL-JAUHARIYAH KECAMATAN SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS

DEFAN ZAMATHORIQ, NIM. 1423301040 (2019) METODE MENGHAFAL AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN AL-JAUHARIYAH KECAMATAN SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.PDF

Download (906kB) | Preview
[img] Text
DEFAN ZAMATHORIQ_METODE MENGHAFAL AL QUR’AN DI PONDOK PESANTREN AL-JAUHARIYAH KECAMATAN SOKARAJA .pdf
Restricted to Registered users only

Download (903kB)

Abstract

Al-Qur‟an merupakan pedoman hidup bagi semua umat Islam. Pada masa Rasulullah S.A.W. Al-Qur‟an disampaikan secara langsung oleh beliau kepada para sahabat dengan cara menghafal, dan hingga saat inipun banyak para penghafal Al-Qur‟an. Tentunya setiap penghafal Al-Qur‟an memiliki cara tersendiri dalam menghafalkan. Skripsi ini dilatar belakangi dengan adanya penggunaan metode menghafal Al-Qur‟an yang bermacam-macam yang digunakan di Pondok Pesantren Al-Jauhariyah. Kemudian Pondok Pesantren AlJauhariyah merupakan pondok pesantren yang pertama kali menerapkan program tahfidz Al-Qur‟an di daerah Sokaraja. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana metode menghafal Al-Qur‟an yang dilakukan di Pondok Pesantren Al-Jauhariyah Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Penelitian ini disajikan dalam bentuk deskriptif dengan tujuan untuk menggambarkan suatu proses yang terjadi di lapangan. Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah metode menghafal Al-Qur‟an. Sedangkan subjek penelitiannya adalah pengasuh pondok pesantren Al-Jauhariyah dan para santri. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh dari hasil penelitian, penulis menggunakan teknik analisis data yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini terdapat beberapa metode dalam menghafal Al-Qur‟an di Pondok Pesantren Al-Jauhariyah. Metode yang pertama adalah metode sebelum menghafal Al-Qur‟an yaitu wudlu terlebih dahulu, memilih tempat yang nyaman, memilih waktu yang tepat, tawasul dan menggunakan satu mushaf Al-Qur‟an. Dari metode tersebut yang berkaitan dengan proses encoding (penyandian) yaitu dengan menggunakan satu mushaf Al-Qur‟an dengan tidak berganti-ganti mushaf. Metode selanjutnya yaitu metode menambah hafalan Al-Qur‟an yang meliputi bi nazhar, tahfidz, talaqqi, tikrar, mudarasah dan tsabit. Dari metode tersebut yang merupakan proses encoding adalah bi nazhar, kemudian proses storage (penyimpanan) meliputi tahfidz, tikrar dan tsabit. Kemudian proses retrieval (pemanggilan kembali) meliputi talaqqi, tikrar, mudarasah dan tsabit. Metode berikutnya adalah metode menjaga hafalan Al-Qur‟an yang meliputi berkumpul dengan santri hafidz Al-Qur‟an, menjadi musammi‟ atau pendengar Al-Qur‟an dan sima‟an Al-Qur‟an. Dari metode musammi dan sima‟an Al-Qur‟an, keduanya terkait dengan semua proses memori yaitu encoding, storage, dan retrieval.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Menghafal Al-Qur’an, Proses Memori
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an > 2x1.19 Ilmu Al Qur'an Lainnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 13 Feb 2019 06:56
Last Modified: 13 Feb 2019 06:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5179

Actions (login required)

View Item View Item