PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DAN SOLUSINYA DI MTs MA’ARIF NU 1 PURWOJATI KABUPATEN BANYUMAS

KARIMATUSSA’IDIYAH, NIM.1423302060 (2019) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DAN SOLUSINYA DI MTs MA’ARIF NU 1 PURWOJATI KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (554kB) | Preview
[img] Text
PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DAN SOLUSINYA DI MTs MA'ARIF NU 1 PURWOJATI KABUPATEN BANYU.pdf
Restricted to Registered users only

Download (886kB)

Abstract

Belajar bahasa pada dasarnya adalah belajar menggunakan bahasa sebagai alat komunikasi yang digunakan oleh manusia baik secara lisan maupun tulisan. Dalam proses pembelajaran bahasa Arab, semua siswa akan mengalami berbagai kesulitan (problem) dalam pembelajaran. Problematika Pembelajaran merupakan suatu masalah yang menghambat tercapainya suatu tujuan dari pembelajaran. Problematika yang dimaksud dalam penelitian ini adalah problematika pembelajaran bahasa Arab dan Solusinya di MTs Ma‟arif NU 1 Purwojati Kabupaten Banyumas. Pada mata pelajaran bahasa Arab dari segi linguistik dan non linguistik yang dialami siswa dalam pembelajaran bahasa Arab kelas VIII di MTs Ma‟arif NU 1 Purwojati Kabupaten Banyumas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Problematika Pembelajaran Bahasa Arab dan Solusinya di MTs Ma‟arif NU 1 Purwojati Kabupaten Banyumas yang ditinjau dari segi linguistik dan non linguistik serta upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi problematika tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk mengetahui problematika pembelajaran bahasa Arab dan Solusimya dari segi linguistik dan non linguistik dan sebagai evaluasi untuk mengatasi problematika bahasa Arab dalam pembelajaran bahasa Arab. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar penelitian di kelas VIII MTs Ma‟arif NU 1 Purwojati Kabupaten Banyumas. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah itu, data yang telah diperoleh selanjutnya dianalisis dengan mereduksi data, penyajian data dan membuat kesimpulan. Dari hasil penelitian yang diperoleh penulis yaitu problematic pembelajaran bahasa Arab dalam pembelajaran bahasa Arab dari segi linguistic meliputi: Problem Kosakata (Mufradat), Problem percakapan (Muhadatsah), Problem tata bahasa (Qawaid), Problem membaca (Qira’ah), Problem menulis (Kitabah). Sedangkan problematika dari segi non linguistik yaitu meliputi: problem fisiologi, psikologi yaitu meliputi bakat, minat, kecerdasan dan motivasi. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi problematika tersebut yaitu: untuk guru membacakan materi terlebih dahulu hal ini dilakukan untuk mengenalkan huruf dan bunyi huruf selain itu guru meminta siswa untuk menghafalkan mufrodat-mufrodat dengan artinya, guru selalu menggunakan metode bervariasi dalam menyampaikan materi, guru menyuruh siswa untuk menulis Arab, dan untuk lebih banyak membaca teks Arab, guru juga berusaha mengusahakan untuk selalu menggunakan metode-metode terbaru. Sedangkan untuk problematika dari segi non linguistik upaya yang dilakukan oleh guru adalah dengan cara memotivasi siswa, menambah metode, dan menambahkan jam pelajaran bahasa Arab di luar jam kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bahasa Arab, Problematika Pembelajaran bahasa Arab dan Solusinya.
Subjects: 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 21 Feb 2019 01:02
Last Modified: 21 Feb 2019 01:02
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5171

Actions (login required)

View Item View Item