TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PERLINDUNGAN KONSUMEN PASCA LAYANAN SERVICE (Studi Kasus di Samsung Service Center Purwokerto)

HANA AFIFAH, NIM : 1423202017 (2019) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PERLINDUNGAN KONSUMEN PASCA LAYANAN SERVICE (Studi Kasus di Samsung Service Center Purwokerto). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (544kB) | Preview
[img] Text
HANA AFIFAH_TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PERLINDUNGAN KONSUMEN PASCA LAYANAN SERVICE (Studi Kasu.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Dalam Undang-undang perlindungan konsumen Nomor 8 Tahun 1999, pelayanan atas klaim konsumen merupakan salah satu perlindungan konsumen dan kewajiban yang harus diberikan pelaku usaha. Demikian juga perlindungan konsumen terhadap penanganan klaim konsumen yang diberikan oleh Samsung service center Purwokerto. Bentuk klaim konsumen yang terjadi ada kalanya dalam bentuk klaim atas ketidak puasan pelayanan dan ada klaim atas kerusakan yang dialami konsumen setelah dilakukan perbaikan. Pokok permasalahan dari penulis ini adalah 1) Bagaimana perlindungan konsumen terhadap penanganan klaim di Samsung Service Center Purwokerto, dan 2) Bagaimana pandangan hukum Islam dan hukum perlindungan konsumen (UUPK Nomor 8 Tahun 1999) terhadap penanganan klaim konsumen di Samsung Service Center Purwokerto. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan metode observasi, wawancara, serta dokumentasi. Sedangkan teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, kemudian dianalisis dengan metode deskriptif-normatif-analisis. Adapun objek penelitian ini adalah perlindungan konsumen terhadap penanganan yang diberikan pihak Samsung service center kepada konsumen. Sumber data sekunder berupa buku 1) Fiqih Islam Wa Adillatuhu, 2) Hukum perlindungan konsumen dan 3) Etika Perlindungan Konsumen dan Ekonomi Islam dan buku-buku lainnya. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa bentuk perlindungan konsumen terhadap penanganan klaim konsumen yang diberikan pihak Samsung service center Purwokerto kepada konsumen sudah sesuai dengan rukun dan syarat hukum Islam diantaranya khiya>r ‘aib, yaitu para pihak yang berakad, akadnya, objek barang yang diakadkan dan manfaat barang tersebut. Kewajiban pelaku usaha adalah memberikan ganti rugi kepada konsumen terkait perlindungan konsumen yang sudah dijelaskan dalam UUPK Nomor 8 Tahun 1999. khiya>r ‘aib pada dasarnya adalah penggantian barang atau pemberian ganti rugi, apabila terjadi cacat pada awal akad dan konsumen tidak mengetahui. Dalam hal ini pemberian ganti rugi atau dhaman adalah dengan mengganti barang yang sama, tetapi di Samsung service center Purwokerto ini tidak memberikan ganti rugi berupa barang yang sama atau membayar seharga barang tersebut, tetapi dilakukan service ulang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: perlindungan konsumen, penanganan klaim, hukum Islam
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.29 Aspek Muamalah lain (Taflis, Ihya ul mawaat, Ujroh (upah)Hajr, Luqatah, Kharaj, Jizyah)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 15 Feb 2019 03:29
Last Modified: 15 Feb 2019 03:29
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5154

Actions (login required)

View Item View Item