IMPLEMENTASI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MI MA’ARIF NU KALITAPEN KECAMATAN PURWOJATI KABUPATEN BANYUMAS

ISLAHUDIN, NIM. 1423402096 (2019) IMPLEMENTASI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MI MA’ARIF NU KALITAPEN KECAMATAN PURWOJATI KABUPATEN BANYUMAS. Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB1_BABV_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ISLAHUDIN_IMPLEMENTASI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MI MA'ARIF NU .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Supervisi di negara maju seperti Amerika mula-mula supervisi diarahkan untuk memperbaiki pengajaran. Rendahnya kinerja guru di Indonesia karena sarana-prasarananya yang kurang memadai. Kepala Sekolah hendaknya dapat melaksanakan supervisi sebagai wakil dari pengawas sekolah pada satuan pendidikan. Dalam implementasi supervisor dan guru dapat mengetahui kelebihan dan kelemahannya, sehingga dapat memperbaiki kekurangan dan meningkatkan kelebihan tersebut secara terus-menerus, termasuk menumbuhkan rasa tanggung jawab para guru. Oleh karena itu, permasalahan dalam penelitian ini, adalah ―Bagaimana Supervisi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru MI Ma‘arif NU Kalitapen Kecamatan Purwojati Kabupaten Banyumas?‖ Tujuan supervisi pendidikan adalah memberikan bantuan teknis dan bimbingan kepada guru agar mampu meningkatkan kualitas kinerjanya, terutama dalam melaksanakan tugas pada MI Ma‘arif NU Kalitapen Kecamatan Purwojati Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode wawancara, dan dokumentasi. This research uses a qualitative approach, as data collection techniques using observation methods, interview methods and documentation. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala sekolah, dan seluruh guru MI Ma‘arif NU Kalitapen Kecamatan Purwojati Kabupaten Banyumas yang berjumlah 10 guru. Dari hasil penelitian ini, diperoleh kesimpulan bahwa kinerja guru MI Ma‘arif NU Kalitapen Kecamatan Purwojati Kabupaten Banyumas ada 3 kualifikasi,yaitu amat baik 92,5 baik 82,5 dan cukup 69,5. Supervisi Kepala Sekolah dalam meningkatkan kinerja guru dalam program perencanaan dan pelaksanaannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: implementasi supervisi, kinerja guru
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 18 Feb 2019 00:31
Last Modified: 18 Feb 2019 00:31
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5149

Actions (login required)

View Item View Item