PEMIKIRAN M. QURAISH SHIHAB TENTANG KESETARAAN GENDER DAN RELEVANSINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM

MOHAMMAD AZIS, NIM. 1617661011 (2018) PEMIKIRAN M. QURAISH SHIHAB TENTANG KESETARAAN GENDER DAN RELEVANSINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM. Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I _BAB V_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (796kB) | Preview
[img] Text
MOHAMMAD AZIS_PEMIKIRAN M. QURAISH SHIHAB TENTANG KESETARAAN GENDER DAN RELEVANSINYA DALAM PENDID.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Diskursus tentang perempuan, meski telah marak akhir-akhir ini, namun tetap menjadi sesuatu yang menarik. Rendahnya kesadaran dari kaum perempuan mengenai masalah ketimpangan dan bias gender yang muncul serta kaum laki-laki yang menganggap perempuan senantiasa menjadi nomor dua setelah mereka (subordinatif). Angggapan yang demikian itu, tentu menjadi salah satu bukti belum berhasilnya wacana kesetaraan gender. M. Quraish Shihab merupakan salah satu tokoh yang banyak membicarakan isu tentang kesetaraan gender dalam beberapa karyanya. Hal ini yang membuat penulis tertarik untuk mengkaji pemikirannya tentang kesetaraan gender dan bagaimana relevansinya dalam pendidikan Islam Penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka (libarary research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif analisis. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis isi (content analysis). Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Pemikiran M. Quraish Shihab tentang kesetaraan gender dapat dilihat dalam beberapa indikator diantaranya: makna kesetaraan gender, gender development, prinsip-prinsip kesetaraan gender, dasar pokok dalam kesetaraan gender, perspektif gender dalam pengembangan masyarakat, dan hak-hak perempuan. (2) Relevansi pemikiran M. Quraish Shihab tentang kesetaraan gender dalam pendidikan Islam terlihat dalam beberapa hal, diantaranya: tujuan pendidikan Islam, pendidik dalam pendidikan Islam, peserta didik dalam pendidikan Islam, media pendidikan Islam, metode pendidikan Islam, kurikulum pendidikan Islam, materi pendidikan Islam, evaluasi pendidikan Islam, dan lembaga pendidikan Islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kesetaraan Gender, Pendidikan Islam, relevansi
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.36 Pendidikan Wanita
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 13 Feb 2019 01:43
Last Modified: 13 Feb 2019 01:43
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5145

Actions (login required)

View Item View Item