KERJASAMA ORANGTUA DENGAN GURU DALAM UPAYA PEMBINAAN AL-AKHLAK AL-KARIMAH SISWA DI TK IT IBNU HAJAR AL-ASQOLANI KARANGKOBAR, BANJARNEGARA

Harniatun, NIM. 1423311014 (2019) KERJASAMA ORANGTUA DENGAN GURU DALAM UPAYA PEMBINAAN AL-AKHLAK AL-KARIMAH SISWA DI TK IT IBNU HAJAR AL-ASQOLANI KARANGKOBAR, BANJARNEGARA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I PENDAHULUAN_BAB V PENUTUP_DAFTAR PUSTAKA..pdf

Download (626kB) | Preview
[img] Text
HARNIATUN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Dalam upaya membentuk anak yang berakhlakul karimah perlu adanya kreatifitas dan kepedulian yang besar antara pendidik dan orangtua, salah satunya dengan kerjasama antara orangtua dengan guru dalam membina al-akhlak alkarimah siswa, kerjasama yang terencana dan terstruktur dengan matang maka akan memudahkan keduanya dalam membina anak seseuai dengan perkembangan dan kebutuahn sesuai dengan usia anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang kerjasama yang dilakukan di TK IT Ibnu Hajar Al-Asqolani. Jenis penelitian ini adalah penelitan lapangan yang bersikap deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah para guru, orangtua dan kepala di TK IT Ibnu Hajar Al-Asqolani Karangkobar Banjarnegara. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Untuk menganalis data digunakan metode analisis dan kuantitatif yang meliputi reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian yang dilakukan penulis yaitu bahwa kerjasama orangtua dengan guru dalam pembinaan al-akhlak al-karimah siswa di TK IT Ibnu Hajar Al-Asqolani Karangkobar Banjarnegara terdapat berebpapa kerjasama diantaranya Program Parenting, Tadabur Alam atau Outing Class, Buku komunikasi harian dan mingguan siswa, Kajian keagamaan, Pembagian Raport. Dari adanya program kerjasama tersebut orangtua dengan guru dapat saling mendapatkan timbal balik yang positif dan dapat menyelaraskan pemikiran antara keduaya dan yang paling penting orangtua dan guru mampu memahami kebutuhan dan perkembangan yang dialami seorang anak sehingga dapat membina dengan baik dan benar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kerjasama, Pembinaan, Al-Akhlak Al-Karimah.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 School Administration and Management
300 Social sciences > 370 Education > 379 Government regulation, control, support
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 16 Feb 2019 08:09
Last Modified: 16 Feb 2019 08:09
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5142

Actions (login required)

View Item View Item