KETRAMPILAN GURU MEMBIMBING DISKUSI PADA TEMA BERBAGAI PEKERJAAN KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH BOJONGSANA KECAMATAN REMBANG KABUPATEN PURBALINGGA

DESI FATMAWATI, NIM. 1423305054 (2019) KETRAMPILAN GURU MEMBIMBING DISKUSI PADA TEMA BERBAGAI PEKERJAAN KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH BOJONGSANA KECAMATAN REMBANG KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (236kB) | Preview
[img] Text
DESI FATMAWATI_KETRAMPILAN GURU MEMBIMBING DISKUSI PADA TEMA BERBAGAI PEKERJAAN KELAS IV MADRASAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (674kB)

Abstract

Permasalahan yang sering dijumpai dalam proses pembelajaran, khususnya pada pembelajaran tematik adalah penyediaan waktu yang kurang dan apa yang didapat oleh siswa kurang maksimal apabila hanya mengandalkan apa yang disampaikan oleh guru. MI Muhammadiyah Bojongsana Kecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga yang bertempatan didusun Bojongsana diharapkan menjadi salah satu sekolah yang maju dan dapat menambah dan memperluas pengetahuan dalam proses pembelajaran dengan menggunakan ketrampilan guru membimbing diskusi dikelas saat pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan bagaimana cara pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan diskusi yang dibimbing oleh guru yang dilakukan dikelas saat proses pembelajaran berlangsung di MI Muhammadiyah Bojongsana. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research) dengan metode deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang digunakan untuk mendeskripsikan tentang bagaimana guru membimbing diskusi pada tema berbagai pekerjaan pada pembelajaran tematik dikelas pada saat pembelajaran berlangsung di MI Muhammadiyah Bojongsana Kecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan dengan mencari sumber data yaitu: Kepala Sekolah MI Muhammadiyah Bojongsana, Guru Kelas, Guru Mapel, dan Siswa Kelas IV. Untuk menganalisis data yang diperoleh, penulis lakukan dengan cara mereduksi data, data display dan verifikasi atau kesimpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan ketrampilan guru membimbing diskusi pada tema berbagai pekerjaan kelas IV di MI Muhammadiyah Bojongsana Kecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga dilakukan dengan empat tahap pertama, konsep pembelajaran, kedua, ketrampilan guru membimbing diskusi, ketiga, pengertian kurikulum 2013, keempat, evaluasi pembelajaran tematik meliputi, tes tertulis yang dilaksanakan disetiap akhir pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ketrampilan Membimbing Diskusi, MI Muhammadiyah Bojongsana
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.12 Professional Qualifications of Teacher
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 15 Feb 2019 08:26
Last Modified: 15 Feb 2019 08:26
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5127

Actions (login required)

View Item View Item