PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS SUB POKOK BAHASAN PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN INDONESIA DENGAN STRATEGI CARD SORT DI KELAS V MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

KASYOTO, NIM. 1223310015 (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS SUB POKOK BAHASAN PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN INDONESIA DENGAN STRATEGI CARD SORT DI KELAS V MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (669kB) | Preview
[img] Text
KASYOTO_PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS SUB POKOK BAHASAN PERJUANGAN MEMPERTAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang dilaksanakannya penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V MI Istiqomah Sambas Purbalingga pada mata pelajaran IPS sub pokok bahasan perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Hal ini ditunjukkan dengan jumlah siswa yang mendapat nilai diatas KKM hanya 14 dari 39 siswa atau 35,90 %. Maka penulis melakukan penelitian tindakan kelas dengan judul “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Sub Pokok Bahasan Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia Dengan Strategi Card Sort di Kelas V MI Istiqomah Sambas Purbalingga Tahun Pelajaran 2017/2018” Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara peneliti sebagai pelaksana dan rekan sejawat sebagai observer. Subjek penelitian adalah siswa kelas V MI Istiqomah Sambas Purbalingga yang berjumlah 39 siswa, terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 27 siswa perempuan. Penelitian dilakukan dengan dua siklus. Tiap siklus memiliki tahapan-tahapan yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Pengambilan data dilakukan melalui tes dan non tes. Alat pengumpul data berupa tes, observasi, dan dukumentasi. Hasil penelitian ini adalah penggunaan strategi card sort dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran IPS sub pokok bahasan perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Hal ini terlihat dari ketuntasan belajar yang mengalami kenaikan dari pra siklus sebanyak 14 siswa atau sebesar 35,90 %, menjadi 18 siswa atau sebesar 46,15% dari 39 anak pada siklus I, dan naik menjadi 34 siswa atau sebesar 87,18% dari 39 siswa pada siklus II. Hal ini berarti telah mencapai indicator keberhasilan yang ditentukan yakni 80% siswa tuntas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, HasilBelajar, IPS, Card Sort
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 15 Feb 2019 03:45
Last Modified: 15 Feb 2019 03:45
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5125

Actions (login required)

View Item View Item