KONSEP DAN STRATEGI PENINGKATAN MUTU TENAGA KEPENDIDIKAN DI MTS NEGERI 4 CILACAP

SITI ROFIQOH, NIM.1223303032 (2019) KONSEP DAN STRATEGI PENINGKATAN MUTU TENAGA KEPENDIDIKAN DI MTS NEGERI 4 CILACAP. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (395kB) | Preview
[img] Text
SITI ROFIQOH_KONSEP DAN STRATEGI PENINGKATAN MUTU TENAGA KEPENDIDIKAN DI MTS NEGERI 4 CILACAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (712kB)

Abstract

MTs Negeri 4 Cilacap adalah lembaga pendidikan formal yang berbasis islam, dalam penelitian ini penulis meneliti tentang konsep dan strategi yang digunakan madrasah dalam meningkatan mutu tenaga kependidikan. Dalam aktivitas madrasah tentunya tidak bisa terlepas dari sumber daya manusia yang berperan, salah satunya adalah tenaga kependidikan sebagaimana yang menjadi fokus dalam skripsi ini yaitu tenaga administrasi (TU), tenaga perpustakaan, dan tenaga laboran. Tentu peran mereka sangat menunjang bagi berjalannya proses belajar mengajar antara guru dan siswa. Disinilah penulis tertarik untuk meneliti konsep dan strategi yang di laksanakan oleh para manajer dalam meningkatan mutu tenaga kependidikan di MTs Negeri 04 Cilacap. MTs Negeri 4 Cilacap dalam menerapkan konsep mutu tenaga kependidikan menerapkan adalah menganut standar tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang telah ditetapkan oleh permendiknas. Kemudian strategi peningkatan mutu tenaga kependidikan menggunakan beberapa tahapan yaitu yang pertama dilakukan MTs Negeri 4 Cilacap dalam meningkatkan mutu tenaga kependidikan adalah formulasi strategi, dan hal pertama yang dilakukan dalam formulasi strategi adalah dengan melakukan analisis lingkungan terlebih dahulu, Analisis lingkungan yang digunakan adalah menggunakan analisis SWOT, langkah selanjutnya adalah dengan melakukan formulasi strategi dengan pertimbangan analisis lingkungan yang telah dilakukan. MTs Negeri 4 Cilacap memformulasikan strategi untuk meningkatkan mutu tenaga kependidikan yaitu dengan 3 strategi, yaitu strategi off the job training, supplementary trainingdan strategi pembinaan. kemudian strategi yang telah disusun tersebut diaplikasikan dalam kegiatan peningkatan mutu tenaga kependidikan, kemudian langkah terakhir yang dilakukan adalah strategi evaluasi, evaluasi dilakukan oleh kepala sekolah, yaitu dengan melakukan penilaian kinerja yaitu dengan memonitoring pekerjaan tenaga kependidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mutu Pendidikan, Manajemen pendidikan, tenaga administrasi, kependidikan
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3302 Administrasi dan Manajemen
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 04 Mar 2019 03:54
Last Modified: 04 Mar 2019 03:54
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5121

Actions (login required)

View Item View Item