STRATEGI PENDIDIKAN AKHLAK ANAK DI PANTI ASUHAN PUTRI MUHAMMADIYAH PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS

ASIH WINARTI, NIM. 142331128 (2018) STRATEGI PENDIDIKAN AKHLAK ANAK DI PANTI ASUHAN PUTRI MUHAMMADIYAH PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
ASIH WINARTI_STRATEGI PENDIDIKAN AKHLAK ANAK DI PANTI ASUHAN PUTRI MUHAMMADIYAH PURWOKERTO KABUPA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (997kB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (652kB) | Preview

Abstract

Akhlak menempati posisi yang sangat penting dalam ajaran Islam. Oleh karena itu orang muslim mempunyai kewajiban untuk mendidik akhlak dengan ajaran Islam sesuai yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Dalam kehidupan, manusia dibekali oleh dua potensi, yaitu potensi untuk menjadi manusia yang baik dan menjadi manusia yang tidak baik (buruk). Kecenderungan manusia untuk melakukan perbuatan baik atau buruk merupakan bentuk proses, dari baik ke buruk dan kembali lagi ke baik, atau tetap dalam keburukan dan dari baik tetap kepada yang baik. Orangtualah yang seharusnya bertanggungjawab terhadap anak-anaknya untuk mewujudkan hal itu dalam memberikan pendidikan yang sesuai dengan masa perkembangannya. Sehingga ia siap menunaikan tugasnya sebagai hamba Allah dan khalifah di muka bumi. Akan tetapi kematian salah seorang orang tua atau bahkan kedua orangtua akan memberikan dampak tertentu terhadap anak. Dalam mendidik seorang anak terutama terhadap akhlaknya, agama Islam tidak hanya menganjurkan kepada perorangan saja, tetapi juga kepada suatu organisasi sosial kemasyarakatan, seperti yang dilakukan oleh panti asuhan putri Muhammadiyah Purwokerto. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pendidikan akhlak anak di Panti Asuhan Putri Muhammadiyah Purwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis penelitian deskriptif kualitataif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, dokumentasi dan observasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh, peneliti menggunakan model Miles dan Huberman yaitu: pengumpulan data, mereduksi data, menyajikan data, dan verifikasi data. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti, bahwa strategi pendidikan akhlak anak yang dilaksanakan oleh panti asuhan Putri Muhammadiyah Purwokerto memiliki tujuan agar setiap anak memiliki akhlak al-Karimah sehingga menjadi anak yang berakhlak mulia, berbudi luhur, bertanggungjawab, mampu bersosialisasi terhadap masyarakat dengan baik, dan bahagia dunia akhirat. Adapun strategi yang dilaksanakan dalam panti asuhan Putri Muhammadiyah Purwokerto yaitu melalui keteladanan, pembiasaan, pengawasan, perhatian, memberikan teguran, dan memberikan pembinaan keagamaan. Hal tersebut sudah menjadi kegiatan rutin dalam kehidupan sehari-hari di panti. Sehingga membentuk kebiasaan yang baik terhadap anak asuh dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pendidikan Akhlak, Anak, Panti Asuhan Putri Muhammadiyah Purwokerto
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.344 Pendidikan Keterampilan Khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 15 Feb 2019 03:33
Last Modified: 15 Feb 2019 03:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5120

Actions (login required)

View Item View Item