PENGGUNAAN METODE EKLEKTIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

ANISSATUR ROHMAH, NIM. 102332072 (2019) PENGGUNAAN METODE EKLEKTIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
ANISSATUR ROHMAH_PENGGUNAAN METODE EKLEKTIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH TSANAWIYAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (538kB) | Preview

Abstract

Bahasa merupakan alat komunikasi dan penghubung dalam pergaulan manusia sehari-hari baik antara individu dengan individu, individu dengan masyarakat. Dengan bahasa manusia dapat mengeluarkan atau mengkomunikasikan pikirannya. Demikian juga dalam bahasa Arab, bahasa Arab merupakan salah satu bahasa yang telah mengalami perkembangan sosial masyarakat dan ilmu pengetahuan. Selain itu bahasa Arab telah dijadikan sebagai bahasa resmi dunia internasional, maka tidak berlebihan jika pengajaran bahasa Arab ditekankan dan mendapat perhatian khusus. Bahasa Arab memiliki empat keterampilan yaitu keterampilan mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penggunaan metode eklektik dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs Negeri 2 Purbalingga. Metode-metode dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs N 2 Purbalingga digunakan secara berkesinambungan. Diantara metode yang digunakan adalah metode ceramah, Tanya jawa, membaca, hafalan, tarjamah, langsung, demonstrasi, dan metode drill. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian lapangan atau field research dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Dalam penelitian yang penulis lakukan subjek utamanya adalah guru bahasa Arab, siswa kelas VII A, D, dan E; dan kepala sekolah. Sedangkan objek penelitian in adalah penggunaan metode eklektik (gabungan) dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs Negeri 2 Purbalingga. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Sedangkan untuk analisis datanya menggunakan cara mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/ verivikasi data. Hasil menunjukkan bahwa, dalam penggunaan metode eklektik dalam pembelajaran bahasa Arab menggunakan metode ceramah, Tanya jawab, hafalan, membaca, langsung, tarjamah, demonstrasi, dan metode drill. Metode-metode tersebut digunakan sesuai materi dan kemampuan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Metode Eklektik Dalam Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 14 Feb 2019 05:57
Last Modified: 14 Feb 2019 05:57
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5117

Actions (login required)

View Item View Item