PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi Kasus Jenang Jaket Asli Pertama Purwokerto)

IRFANI HADIYANI, NIM.1223203019 (2019) PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi Kasus Jenang Jaket Asli Pertama Purwokerto). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (746kB) | Preview
[img] Text
IRFANI HADIYANI_PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi Kasus Jena.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pada era globalisasi saat ini, perusahaan dituntut untuk memahami kebutuhan konsumen. Dengan memahami kebutuhan, keinginan dan permintaan pelanggan, maka akan memberikan masukan penting bagi perusahaan untuk merancang strategi pemasaran agar dapat menciptakan kepuasan bagi pelanggannya. Hal ini juga dirasakan Jenang Jaket Asli Pertama Purwokerto sebagai salah satu pionir produksi penjualan oleh-oleh khas Banyumas sejak tahun 1979 senantiasa menerapkan budaya perusahaanya dalam memberikan kualitas produk yang diproduksinya yang menjadi keunggulan produk dan dengan harga yang terjangkau oleh masyarakat. Kualitas produk yang dihasilkannya dari mempertahankan cita rasa yang khas sejak berdirinya Jenang Jaket Asli Pertama Purwokerto sehingga kepuasan pelanggan dapat terjaga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode kuantitatif. Model pengumpulan data yang digunakan yakni dengan metode kuesioner, observasi, wawancara, dokumentasi. Sampel yang diambil yakni sebanyak 100 orang sebagai sampel konsumen/pelanggan Jenang Jaket Asli Pertama Purwoketo pada bulan Mei 2017. Metode analisis data yang digunakan dengan metode korelasi Rank Spearman, Koefisen Konkordansi Kendall W, Analisis Regresi Ordinal. Dari hasil penelitian menujukan bahwa kualitas produk dan harga mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan dalam pembelian di Jenang Jaket Asli Pertama Purwokerto. Hal ini berdasarkan korelasi Rank Spearman variabel kualitas prodik sebesar 0,415, variabel harga sebesar 0,447 artinya menunjukan korelasi yang sedang atau cukup dengan arah positif. Hasil kolerasi Konkordansi Kendall W menunjukan hasil sebesar 0,171 artinya menunjukan kedua variabel independen ini lemah dengan arah positif. Pengujian analisis regresi ordinal yang secara umum dalam membandingkan kategori ke baseline yang tinggi bahwa kualitas produk dan harga berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai sign < 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Produk, Harga, Kepuasan Pelanggan.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 659 Advertising and public relations
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 13 Feb 2019 00:26
Last Modified: 13 Feb 2019 00:26
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5110

Actions (login required)

View Item View Item