PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN MELALUI PENGGUNAAN METODE LATIHAN (DRILL) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SEKOLAH DASAR NEGERI CIPARI 04 KELAS I SEMESTER II KECAMATAN CIPARI KABUPATEN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2013/2014

ENDAH PURWANTI, NIM. 1123306037 (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN MELALUI PENGGUNAAN METODE LATIHAN (DRILL) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SEKOLAH DASAR NEGERI CIPARI 04 KELAS I SEMESTER II KECAMATAN CIPARI KABUPATEN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, V, Daftar Pustaka.pdf

Download (17MB) | Preview
[img] Text
ENDAH PURWANTI_PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN MELALUI PENGGUNAAN METODE LATIHAN (DRILL).pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB)

Abstract

Permasalahan awal yang muncul dan menjadi fokus pelaksanaan perbaikan pembelajaran melalui pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa kelas I SD Negeri Cipari 04 pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi pokok menulis permulaan. Tujuan yang ingin dicapai adalah meningkatkan ketuntasan dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia matei pokok menulis permulaan. Penelitian dilakukan secara kolaboratif antara peneliti sebagai pelaksana dan rekan sejawat sebagai observer. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SD Negeri Cipari 04 dengan jumlah siswa 24 anak yang terdiri dari 12 laki-laki dan 12 perempuan. Penelitian ini dirancang dengan dua siklus. Tiap siklus memiliki tahapantahapan yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengamatan (observation), refleksi (reflection). Pengambilan data dilakukan melalui tes dan non tes. Alat pengumpulan data berupa tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah: (1) Nilai rata-rata hasil belajar pra siklus sebesar 74,4 (2) Nilai rata-rata hasil belajar siklus I menjadi sebesar 77,7 dan naik menjadi 83,2 pada siklus II. Hal ini telah sesuai denganKKM pada kurikulum yang ditetapkan di SD Negeri Cipari 04, (3) Ketuntasan belajar siswa mengalami kenaikan dari pra siklus sebanyak 13 siswa atau 54,2% pada siklus I sebanyak 6 siswa atau 25%. Sedangkan pada siklus II sebanyak 4 siswa atau 16,6%. Kesimpulan akhir dari pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini adalah penerapan metode latihan (drill) mampu meningkatkan kemampuan menlis permulaan siswa kelas I pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi pokok menulis permulaan pada siswa kelas I SD Negeri Cipari 04 Kecamatan Cipari Kabupaten Cilacap Tahun Pelajaran 2013/2014. Kata Kunci : Kemampuan, Metode Latihan (Drill)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Lc. M.Hum Nurrohim Nurrohim
Date Deposited: 22 Jul 2016 08:34
Last Modified: 22 Jul 2016 08:35
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/511

Actions (login required)

View Item View Item