PERAN GURU PENDAMPING DALAM PEMBELAJARAN KELAS I DI MI YA BAKII KESUGIHAN 01 KABUPATEN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2017/2018

HANNA PETRISIA NIRVANI, NIM.1423305150 (2019) PERAN GURU PENDAMPING DALAM PEMBELAJARAN KELAS I DI MI YA BAKII KESUGIHAN 01 KABUPATEN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER _BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
PERAN GURU PENDAMPING DALAM PEMBELAJARAN KELAS I DI MI BAKI KESUGIHAN 01 KABUPATEN CILACAP TAHUN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kegiatan pendidikan adalah kegiatan yang sangat penting, karena pendidikan apabila dilihat secara lebih detail tidak hanya membina aspek kognitif saja, namun juga membina aspek afektif seseorang. MI Ya BAKII Kesugihan 01 Kabupaten Cilacap merespon perkembangan dan tantangan dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, era informasi dan glabalisasi yang sangat cepat. Salah satu kebijakan yang ditetapkan adalah menggunakan guru pendamping dalam pelaksanaan pembelajaran pada siswa kelas 1. Penelitian ini bertujuan mengetahui peran guru pendamping dalam pembelajaran Kelas I MI YA BAKII Kesugihan 01 Kabupaten Cilacap Tahun Pembelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah YA BAKII Kesugihan Cilacap 01 Kabupaten Cilacap Tahun Pembelajaran 2017/2018. teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi; observasi, dokumentasi dan wawancara. Model analisis data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis data interaktif (interactive model of analisys). Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru pendamping sebagai Fasilitator, guru pendamping membantu siswa untuk lebih memahami makna/arti pada setiap pokok materi yang disampaikan. Peran sebagai Motivator, dalam melaksanakan peran sebagai motivator guru pendamping dan guru atau wali kelas melakukan kolaborasi untuk meningkatkan keikutsertaan siswa atau partisipasi siswa dalam pembelajaran dengan strategi pembelajaran yang dinamis. Peran sebagai Inspirator, guru pendamping membantu mendorong siswa untuk semangat dalam mengikuti pelajaran, berani menunjukan bakat dan kemampuannya, berani tampil di depan kelas serta aktif dan mandiri di dalam kelas dengan memberikan contoh-contoh berpenampilan dan perilaku yang baik dihadapan siswa, serta sifat-sifat yang dapat ditiru oleh siswa, dan peran sebagai Inovator, dalam melaksanakan peran sebagai inovator guru dan guru pendamping berkolaborasi dalam mengembangkan model pembelajaran yang efektif dan mengembangkan model partisipasi siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Guru Pendamping, Peran, dan Pembelajaran.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 12 Feb 2019 00:45
Last Modified: 12 Feb 2019 00:45
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5103

Actions (login required)

View Item View Item