ANALISIS POSITIONING MAPPING ROCKET CHICKEN PADA RUMAH MAKAN CEPAT SAJI DI PURWOKERTO (Studi kasus: Rocket Chicken Jalan Jatisari Bancarkembar)

SITY KHERYATI MA’RIFAH, NIM. 1423203166 (2019) ANALISIS POSITIONING MAPPING ROCKET CHICKEN PADA RUMAH MAKAN CEPAT SAJI DI PURWOKERTO (Studi kasus: Rocket Chicken Jalan Jatisari Bancarkembar). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
“ANALISIS POSITIONING MAPPING ROCKET CHICKEN PADA RUMAH MAKAN CEPAT SAJI DI PURWOKERTO (STUDI KAS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER _BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (927kB) | Preview

Abstract

Rumah makan cepat saji adalah bisnis makanan yang terus berkembang di Indonesia. Hal ini disebabkan karena semua orang membutuhkan makan sehingga secara otomatis bisnis rumah makan cepat saji selalu dicari orang. Makanan merupakan salah satu kebutuhan primer manusia yang harus terpenuhi. Bisa dilihat dengan semakin banyaknya bermunculan rumah makan cepat saji yang menawarkan produknya kepada pasar. Bahkan banyak diantara perusahaan rumah makan cepat saji yang sebenarnya menawarkan produk sejenis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peta positioning rumah makan cepat saji berdasarkan persepsi konsumen di Purwokerto, serta menganalisis atribut-atribut apa saja yang mempengaruhinya sebagai pelayanan jasa rumah makan cepat saji dalam memposisikan pesaing Rocket Chicken antara lain: Quick Chicken, Yogya Chicken, Dirty Chicken dan SolChic di Purwokerto. Dasar yang digunakan untuk memposisikan rumah makan cepat saji berdasarkan persepsi konsumen yaitu atribut harga, rasa, kualitas, desain, dan lokasi. Teknik-teknik yang digunakan adalah analisis MDS (Multidimensional Scaling). Penelitian ini dilakukan dengan mengambil responden sebanyak 33 responden yang diambil dari kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan peta positioning rumah makan cepat saji berdasarkan persepsi konsumen di Purwokerto, diketahui mempunyai posisi yang berbeda-beda. Perbedaan persepsi terlihat jelas dari hasil uji MDS (Multidimensional Scaling) yang menunjukkan bahwa posisi persaingan rumah makan cepat saji di Purwokerto terbagi dalam beberapa posisi sebagai berikut : Posisi persaingan 1 merupakan posisi persaingan terkuat dan merupakan suatu persaingan langsung dimiliki oleh rumah makan cepat saji Yogya Chicken dan Dirty Chicken. Persaingan tersebut terutama terletak pada harga, rasa, kualitas dan lokasi. Posisi persaingan 2 dimiliki oleh rumah makan cepat saji Yoga Chicken dan SolChic. Kedua rumah makan cepat saji tersebut memiliki persaingan terutama pada desain tempat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Konsumen, Positioning, dan Analisis MDS (Multidimensional Scaling)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.1 Organization Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 11 Feb 2019 02:55
Last Modified: 11 Feb 2019 02:55
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5085

Actions (login required)

View Item View Item