EFEKTIVITAS E-COMMERCE DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DI TOKO KOMPUTER “EG COMPUTER” PURWOKERTO

ERLIN ROSYITA, NIM. 1123205011 (2019) EFEKTIVITAS E-COMMERCE DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DI TOKO KOMPUTER “EG COMPUTER” PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (676kB) | Preview
[img] Text
ERLIN ROSYITA_EFEKTIVITAS E-COMERCE DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DI TOKO KOMPUTER EG COMPUTER PURWOKERTO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

E-commerce merupakan transaksi komersial yang dilakukan antara penjual dan pembeli dalam hubungan perjanjian yang setara untuk mengirimkan sejumlah barang, pelayanan maupun peralihan hak. EG Computer adalah salah satu toko komputer di wilayah purwokerto yang menggunakan strategi pemasaran e-commerce sebagai yang utama dalam kegiatan jual belinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas e-commerce dalam meningkatkan penjualan pada Toko Komputer “EG Computer” Purwokerto, dan menganalisis pandangan ekonomi Islam terhadap strategi pemasaran e-commerce. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif kualitatif yang berusaha mendeskripsikan suatu peristiwa yang terjadi pada saat sekarang. Subyeknya adalah Pemilik Toko, Karyawan dan Konsumen. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan pengumpulan data yang kemudian direduksi data, penyajian data, diakhiri dengan pengambilan kesimpulan atau verifikasi. Dari hasil analisis tersebut disimpulkan bahwa Pertama, Penjualan EG Computer Purwokerto menggunakan sistem e-Commerce terbukti dapat meningkatkan volume penjualan produk-produk di EG Computer Purwokerto. Dalam melakukan transaksi penjualan via internet, EG Computer Purwokerto memiliki website yang dimanfaatkan khusus untuk berjualan via internet dengan alamat www.egkomputer.com dan egkomputer.blogspot.com. EG Computer juga memiliki akun di online marketplace atau pusat perbelanjaan daring terkenal di Indonesia, yaitu bukalapak dan tokopedia dengan akun @eg_computer. Kedua, Pandangan hukum Islam terhadap strategi pemasaran e-commerce dalam meningkatkan penjualan pada Toko Komputer “EG Computer” Purwokerto, sama halnya dengan transaksi jual beli biasa yang dilakukan di dunia nyata, dilakukan oleh para pihak yang terkait, walaupun dalam jual beli secara internet ini pihak-pihaknya tidak bertemu secara langsung satu sama lain, tetapi berhubungan melalui internet. Ijab qabul biasa dilakukan via sms, dan mencapai kesepakatan antara penjual dan pembeli. Dalam tinjauan ekonomi Islam dan Para imam mazhab sepakat bahwa jual beli itu dianggap sah jika dilakukan oleh orang yang sudah balig, berakal, kemauan sendiri, dan berhak menjalankan hartanya. Pandangan ekonomi Islam tentang bisnis online atau website menunjukkan bahwa berkembang pesat saat ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: E-Commerce, Transaksi, Penjualan, Komputer, Hukum Islam
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 659 Advertising and public relations
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 15 Feb 2019 08:21
Last Modified: 15 Feb 2019 08:21
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5065

Actions (login required)

View Item View Item