KETERAMPILAN PENGELOLAAN KELAS GURU RUMPUN PAI DI MTs AL-HIDAYAH PURWOKERTO KECAMATAN PURWOKERTO UTARA KABUPATEN BANYUMAS

INDAH APRIANI, NIM. 1422301274 (2019) KETERAMPILAN PENGELOLAAN KELAS GURU RUMPUN PAI DI MTs AL-HIDAYAH PURWOKERTO KECAMATAN PURWOKERTO UTARA KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (302kB) | Preview
[img] Text
INDAH APRIANI_KETERAMPILAN PENGELOLAAN KELAS GURU RUMPUN PAI DI MTS AL-HIDAYAH PURWOKERTO KECAMAT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (791kB)

Abstract

Dalam pelaksanaan pendidikan di sekolah siswa dibagi kedalam suatu ruang belajar yang berbeda yang dinamanakan kelas. Guru didalam kelas tidak hanya sebatas berperan untuk mengajarkan materi secara formal tetapi juga guru diharapkan dapat mengelola kondisi belajar mengajar dengan baik. Maka dari itu, seyogyanya guru memiliki keterampilan pengelolaan kelas, dimana keterampilan pengelolaan kelas merupakan kemampuan guru dalam menciptakan dan mempertahankan kondisi yang optimal bagi terjadinya proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana keterampilan pengelolaan kelas guru rumpun PAI di MTs Al-Hidayah Purwokerto Kecamatan Purwokerto Utara Kabupaten Banyumas. Adapun tujuan dalam penelitian ini berdasarkan rumusan masalah yang ada adalah untuk keterampilan pengelolaan kelas guru rumpun PAI di MTs Al-Hidayah Purwokerto Kecamatan Purwokerto Utara Kabupaten Banyumas Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif deksriptif. Subjek penelitiannya adalah dua orang guru rumpun Pendidikan Agama Islam, adapun siswa hanya sebagai informan tambahan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah itu, data yang diperoleh dianalisis dengan mereduksi data, menyajikan data dan membuat kesimpulan. Berdasarkan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa keterampilan pengelolaan kelas meliputi 1) Keterampilan menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal meliputi a. Menunjukan sikap tanggap; b. Membagi perhatian; c. Memusatkan perhatian kelompok; d. Memberi petunjuk-petunjuk yang jelas; e. Menegur; f. Memberikan penguatan 2) Keterampilan Mengembalian kondisi belajar yang optimal yang dilakulan dengan cara a. memodifikasi tingkah laku; b. pengelolaan kelompok; c. menemukan dan mengatasi perilaku yang menimbulkan masalah. Melalui komponen-komponen tersebut maka dapat diketahui keterampilan guru rumpun PAI dalam mengelola kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Pengelolaan Kelas, Guru Rumpun PAI
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 08 Feb 2019 00:49
Last Modified: 08 Feb 2019 00:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5058

Actions (login required)

View Item View Item