PENDIDIKAN BUDI PEKERTI DI SMP DIPONEGORO 3 KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS

Esa Kurnia Dahlan, NIM. 1423301221 (2019) PENDIDIKAN BUDI PEKERTI DI SMP DIPONEGORO 3 KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
JUDUL_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (663kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI full Esa Kurnia Dahlan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan budi pekerti merupakan program pengajaran di sekolah yang bertujuan mengembangkan watak atau tabiat siswa dengan cara menghayati nilai-nilai dan keyakinanan masyarakat sebagai kekuatan moral dalam hidupnya. Dalam skripsi ini akan membahas: (1) Peran pendidik dalam pendidikan budi pekerti. (2) Tujuan pendidikan budi pekerti. (3) Metode pendidikan budi pekerti. (4) Hasil pendidikan budi pekerti. (5) Faktor pendukung dan penghambat dalam pendidikan budi pekerti di Smp Diponegoro 3 Kedungbanteng Kabupaten Banyumas. Persoalan yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah bagaimana pendidikan budi pekerti di SMP Diponegoro 3 Kedungbanteng Kabupaten Banyumas. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Penelitian ini yang menjadi sumber informasi adalah Kepala Sekolah, guru pendidikan Agama Islam sekaligus bagian K 7, Guru Bimbingan Konsling dan peserta didik. Sedangkan objek dari penelitian ini adalah proses pendidikan budi pekerti di SMP Diponegoro 3 Kedungbanteng. Metode pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh data-data yang berkaitan dengan penelitian ini antara lain : (1) Metode observasi ini digunakan untuk memperoleh data-data tentang pendidikan budi pekerti yang diterapkan dan menyaksikan secara langsung kegiatan tersebut, (2) Metode wawancara digunakan untuk mencari data tentang peran pendidik dalam pendidikan budi pekerti, tujuan, metode dan hasil serta faktor pendukung dan penghambat pendidikan budi pekerti di SMP Diponegoro 3 Kedungbanteng (3) Metode dokumentasi digunakan untuk memperoloeh data tentang gambaran SMP Diponegoro 3 Kedungbanteng seperti sejarah singkat, visi, misi, tujuan, keadaan guru dan siswa, sarana dan prasarana serta tata tertib sekolah. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti yaitu tentang tentang pendidikan budi pekerti di SMP Diponegoro 3 Kedungbanteng adalah terjadinya perubahan siswa kearah yang lebih baik. Jumlah pelanggaran berat berkurang secara berkala. Siswa lebih memiliki kesopanan dan mau melaksanakan kewajiban sholat duhur serta mengamalkan sholat duha, istighosah dan tadarus. Namun terdapat banyak faktor yang menghambat pendidikan budi pekerti di SMP Diponegoro 3 Kedungbanteng seperti latar belakang keluarga yang kurang perhatian terhadap anak, kondisi psikologis labil remaja SMP serta kemajuan IPTEK khususnya Handphone dan internet yang seperti sudah menjadi kebutuhan primer.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Budi Pekerti, Pendidikan Budi Pekerti
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 170 Ethics (Moral philosophy)
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 12 Feb 2019 00:36
Last Modified: 12 Feb 2019 00:36
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5053

Actions (login required)

View Item View Item