PENGEMBANGAN KECERDASAN MUSIKAL SISWA PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER MUSIK DI MI MUHAMMADIYAH KEMANGKON PURBALINGGA

RIZKI AMALIA SYAH PUTRA, NIM. 1423305123 (2019) PENGEMBANGAN KECERDASAN MUSIKAL SISWA PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER MUSIK DI MI MUHAMMADIYAH KEMANGKON PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTKA.pdf

Download (473kB) | Preview
[img] Text
PENGEMABNAGAN KECERDASAN MUSIKAL SISWA PADA KEGIATAN EKSTRAKULIKULER MUSIK DI MI MUHAMMMADIYAH KE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (700kB)

Abstract

Pada dasarnya setiap anak memiliki potensi dan kecerdasan yang beragam, kecerdasan merupakan pemberian dari Allah SWT yang perlu dikembangkan agar nantinya potensi dan kecerdasan tersebut dapat bermanfaat bagi dirinya sendiri, masyarakat, agama dan bangsanya. Dalam teori kecerdasan terdapat istilah kecerdasan ganda (multiple inteligences). Kecerdasan musikal merupakan kecerdasan ganda dan merupakan kecerdasan utama pada anak yang mencakup kemampuan untuk merasakan, membedakan, mengubah dan mengekspresikan bentuk musik. Kecerdasan musikal juga dapat mempengaruhi kecerdasan lain. Oleh karena itu penting bagi sekolah untuk mengembangkan kecerdasan musikal yang dimiliki siswa. Salah satu cara untuk mengembangkan kecerdasan musikal yang dimiliki siswa dapat dilakukan dengan cara menerapkan kegiatan ekstrakurikuler musik di sekolah. Tetapi hal ini sering diabaikan oleh lembaga pendidikan maupun orangtua. Sehingga persoalan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan kecerdasan musikal siswa pada kegiatan ekstrakurikuler musik di MI Muhammadiyah Kemangkon Purbalingga. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini subjek penelitiannya adalah Kepala MI Muhammadiyah Kemangkon, pelatih ekstrakurikuler musik, dan siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler musik di MI Muhammadiyah Kemangkon. Sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah pengembangan kecerdasan musikal siswa pada kegiatan ekstrakurikuler musik. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian dalam analisis data, peneliti menggunakan teori Miles dan Humberman yaitu mulai dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa MI Muhammadiyah Kemangkon merupakan sekolah yang menerapkan pengembangan kecerdasan musikal siswa yang dilakukan melalui kegiatan ekstrakurikuler musik melalui kegiatan menyeleksi kemampuan siswa dalam bermain alat musik, bernyanyi, bermain notasi musik, berlatih memainkan alat musik, memainkan berbagai jenis lagu atau alat musik dan meminta anak untuk menjelaskan apa yang mereka rasakan dan memantau perkembangan kemampuan musikal siswa. Dari hasil pemantauan dapat diketahui kemampuan siswa dalam menangani bentuk kegiatan musikal, seperti kemampuan mempersepsi bentuk musik, kemampuan membedakan bentuk musik, kemampuan mengubah bentuk musik dan kemampuan mengekspresikan bentuk musik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Kecerdasan Musikal Siswa, Kegiatan Ekstrakurikuler Musik, MI Muhammadiyah Kemangkon
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3209 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 07 Feb 2019 01:01
Last Modified: 07 Feb 2019 01:01
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5031

Actions (login required)

View Item View Item