STRATEGI EDUTAINMENT PADA MATA PELAJARAN PAI DI SD N 2 TOYAREKA KECAMATAN KEMANGKON KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2017- 2018

Yeni Apriliani, NIM. 1423301254 (2018) STRATEGI EDUTAINMENT PADA MATA PELAJARAN PAI DI SD N 2 TOYAREKA KECAMATAN KEMANGKON KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2017- 2018. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (961kB) | Preview
[img] Text
STRATEGI EDUTAIMENT PADA PEMBELAJARAN PAI DI SD N 2 TOYAREKA KECAMATAN KEMANGKON KABUPATEN PURBAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran pada hakikatnya adalah interaksi antar peserta didik dengan lingkungannya sehingga terjadi perubahan perilaku ke arah yang lebih baik. Sebagai proses pembelajaramn yang yang kondusif dan menyenangkan sereta dapat memotivasi siswa dalam belajar mengajar yang akan berdampak positif dalam pencapaian prestasi hasil belajar. Dalam konsep edutainment pembelajaran dipadukan dengan muatan hiburan seperti humor, ice breaking, bernyanyi serta bermai peran ( role play) yang mampu menciptakan pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan. Hal ini memudahkan siswa dalam menerima dan memahami materi pelajaran. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif. Dengan lokasi di SD N 2 Toyareka.rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pembelajaran berbasis edutainment pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SD N 2 Toyareka? Metode pengumpulan data yaang digunakan antara lain: (a) metode observasi, metode ini digunakan untuk memperoleh data terkait pelaksanaan pembelajaran berbasis edutainment pada mata pelajaran pendidikan agama islam. (b) wawancara., metode ini dilakukan dengan cara penulis menanyakan langsung kesumbernya, bukan dalam kondisi formal agar suasana yang tercipta menjadi lebih santai dan akrab sehingga jawaban-jawaban yang terlontar yang penulis ajukan merupakan jawaban murni dari fakta yang terjadi. (c) metode dokumentasi, metode ini digunakan untuk memperoleh data terkait SD N2 Toyareka dan data pembelajaran(RPP dan foto-foto kegiatan pembelajaran). Hasil penelitian pembelajaran berbasis edutainment pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SD N 2 Toyareka diketahui bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis edutainment menggunakan strategi edutainment yaitu strategi kooperatif, strategi berbasis masalah dan strategi konstektual. Selain itu juga ada beberapa upaya yang dilakukan oleh guru pendidikian agama islam Dalam pelaksanaan edutainment yaitu menyapa siswa dengan ramah, memotivasi siswa, menyampaikn tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi eduitainment, pendidikan agama islam, SD N 2 Toyareka
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 07 Feb 2019 01:08
Last Modified: 07 Feb 2019 01:08
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5011

Actions (login required)

View Item View Item