PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MEMBACA DAN MENGHAFAL AL - QUR AN BAGI SANTRI DI MADRASAH QUR’ANIYAH AL-HADI (MQA) PONDOK PESANTRENAL-HIDAYAH KARANGSUCI PURWOKERTO

Ghufron, NIM. 1423301095 (2018) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MEMBACA DAN MENGHAFAL AL - QUR AN BAGI SANTRI DI MADRASAH QUR’ANIYAH AL-HADI (MQA) PONDOK PESANTRENAL-HIDAYAH KARANGSUCI PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
GHUFRON_PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MEMBACA DAN MENGHAFAL AL-QURA’N BAGI SANTRI DI MADRASAH QUR’ANIYAH AL-HADI (MQA) PO~1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Program pembelajaran membaca dan menghafal Al - Qur a> n adalah program pembelajaran untuk belajar cara membaca dan menghafal Al - Qur a> n dengan baik dan benar sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang ada. Dimana murid yang mengikuti pembelajaran tersebut adalah seluruh santri Pondok Pesantren Al-Hidayah Karangsuci Purwokerto di mana penelitian ini dilakukan dan terkhusus untuk santri baru, penelitian ini akan mengkaji tentang bagaimana Pembelajaran Membaca dan Menghafal Al - Qur a> n Bagi Santri Baru di Madrasah Qur’aniyah Al-Hadi (MQA) Pondok Pesantren Al-Hidayah Karangsuci Purwokerto. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan Pembelajaran Membaca dan Menghafal Al - Qur a> n bagi Santri Baru di Madrasah Qur’aniyah Al-Hadi (MQA) Pondok Pesantren Al-Hidayah Karangsuci Purwokerto. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan, penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif yang berupa dokumen tertulis maupun lisan dari orang-orang atau pelaku yang diamati oleh peneliti. Adapun teknik-teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk analisis dan keabsahan data yang peneliti pakai yaitu menggunakan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian setelah diolah peneliti tentang penerapan metode pembelajaran membaca dan menghafal Al - Qur a> n di Madrasah Qur’aniyah Al-Hadi Pondok Pesantren Al-Hidayah Karangsuci Purwokerto dapat disimpulkan bahwa pembelajan di MQA menggunakan beberapa metode pengajaran Al - Qur a> n yaitu metode mu s}a f a h}a h , talaqqi , sorogan, dan metode dengan cara guru membaca dan ditirukan oleh murid pembelajaran ini dilakukan dengan teratur dan terprogram. Sehingga peserta didik dapat mengerti dan memahami materi membaca dan menghafal Al - Qur a> n dengan baik sesuai dengan target yang telah ditetapkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Metode Membaca Dan Menghafal Al - Qur a> n .
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.342 TPA dan TKA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 29 Jan 2019 01:51
Last Modified: 29 Jan 2019 01:51
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4974

Actions (login required)

View Item View Item