NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM BUKU TEKS TEMATIK KELAS IV SD/MI KURIKULUM 2013

UNTUNG SETYO AJI, NIM. 1423305088 (2018) NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM BUKU TEKS TEMATIK KELAS IV SD/MI KURIKULUM 2013. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (815kB) | Preview
[img] Text
UNTUNG SETYO AJI_ NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM BUKU TEKS TEMATIK KELAS IV SD MI KUR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Keberagaman merupakan sebuah keniscayaan yang tidak dielakan lagi. Namun dalam kehidupannya, kebanyakan manusia kurang dapat menyikapi keberagaman. Dalam keberagaman tersebut disatu sisi merupakan potensi besar bangsa Indonesia, namun disisi lain menyimpan sejumlah potensi konflik sosial yang sewaktu-waktu dapat mengancam keutuhan dan kedaulatan negara. Pendidikan multikultural hadir sebagai proses pendidikan yang mengedepankan keberagaman, perbedaan, toleransi, pluralisme, demokrasi, dan humanisme. Pendidikan multikultural mempersiapkan siswa untuk aktif sebagai warga negara dalam masyarakat yang secara etnik, kultur, dan agama beragam. Dalam penanaman pendidikan multikultural dapat dilakukan melalui berbagai cara, salah satunya adalah dengan melalui media buku teks tematik. Buku teks pelajaran merupakan langkah strategis untuk menanamkan pendidikan multikultural kepada peserta didik. Sehingga penelitian ini, bertujuan untuk meneliti dan mengetahui nilai-nilai pendidikan multikultural dalam buku teks tematik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pustaka (library research). Sumber data yang terdiri dari data primer yaitu buku teks tematik untuk siswa kelas IV SD/MI kurikulum 2013 edisi revisi 2017 terbitan kemendikbud, dan sumber data sekunder yaitu buku-buku, internet, majalah jurnal, artikel dan literatur-literatur yang relevan dengan penelitian ini untuk memperkuat dan melengkapi hasil penelitian. Setelah data terkumpul, selanjutnya dipilih untuk dilakukan analisis data. Analisis dalam penelitian ini menggunakan metode analisis ini atau content analysis. Adapun yang dianalisis adalah nilai-nilai pendidikan multikultural dalam buku teks tematik siswa kelas IV SD/MI kurikulum 2013 edisi revisi 2017 terbitan kemendikbud. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan multikultural yang terdapat dalam buku teks tematik kelas IV SD/MI kurikulum 2013 edisi revisi 2017 terbitan kemendikbud, yaitu 1) Nilai Toleransi, 2) Nilai Pluralisme, 3) Nilai Demokrasi, dan 4) Nilai Humanisme (Kemanusiaan).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai Pendidikan Multikultural, Buku Teks Tematik kelas IV
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education > 370.19 Sociology of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 01 Feb 2019 09:47
Last Modified: 01 Feb 2019 09:47
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4972

Actions (login required)

View Item View Item