METODE PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH MA’ARIF NU 1 PATIKRAJA BANYUMAS

MUHAMMAD IMANULLOH, NIM. 102338128 (2016) METODE PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH MA’ARIF NU 1 PATIKRAJA BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, V, Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
MUHAMMAD IMANULLOH_METODE PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH MA’ARIF NU 1 PATIKRAJA BANYUMAS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Metode Pembelajaran merupakan salah satu faktor penting terlaksananya kegiatan belajarmengajar. Agar proses kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan baik dan lancar diperlukan seorang guru yang mampu menerapkan metode pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru yang menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi dalam mengajar mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Ma’arif NU 1 Patikraja. Dalam menerapkan metode guru melihat faktorfaktor dalam pemilihan metode seperti melihat tujuan yang ingin dicapai, materi pelajaran, sarana dan prasarana, siswa dan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Ma’arif NU 1 Patikraja Banyumas, Subjek penelitian ini adalah guru Akidah Akhlak. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) yang dalam mengumpulkan datanya dilakukan secara langsung dari lokasi penelitian. Pendekatan penelitian yang penulis lakukan adalah pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode wawancara digunakan untuk memperoleh penjelasan langsung tentang langkah-langkah metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru dan metode apa yang sering digunakan. Metode observasi digunakan untuk memperoleh data tentang bagaimana guru menerapkan metode pembelajaran Akidah Akhlak. Sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh gambaran umum MTs Ma’arif NU 1 Patikraja, dan beberapa foto kegiatan. Dalam menganalisis data penulis melakukan penelaahan seluruh data, reduksi data dan verifikasi. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa guru akidah Akhlak menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi diantaranya yaitu metode ceramah, metode simulasi, metode diskusi, metode kisah atau cerita, metode tanya jawab, dan metode resitasi. Salah satu langkahnya seperti pada metode simulasi yaitu menyampaikan pokok bahasan, menetapkan topik masalah yang akan disimulasikan, memberikan gambaran, menetapkan peserta didik untuk memerankan simulasi, mengkondisikan, dan memberikan tanggapan. dan itu yang selalu konsisten dilaksanakan. Kata kunci : Metode Pembelajaran, Mata Pelajaran Akidah Akhlak,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lc. M.Hum Nurrohim Nurrohim
Date Deposited: 22 Jul 2016 01:47
Last Modified: 22 Jul 2016 01:47
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/497

Actions (login required)

View Item View Item