IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DAN PEDULI SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN KELAS V SD N 2 REJASARI PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS

SITI NUR KHOLISOH, NIM. 1423305172 (2019) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DAN PEDULI SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN KELAS V SD N 2 REJASARI PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (733kB) | Preview
[img] Text
SITI NUR KHOLISOH_IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DAN PEDULI SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan karakter merupakan pendidikan untuk membentuk kepribadian seseorang melalui pendidikan budi pekerti, yang hasilnya terlihat dalam tindakan nyata seseorang, yaitu tingkah laku yang baik, jujur, bertanggung jawab, menghormati hak orang lain, kerja keras, dan sebagainya. Tujuan pendidikan karakter yaitu untuk meningkatkan mutu penyelenggaraan dan hasil pendidikan di sekolah yang mengarah pada pencapaian pembentukan karakter atau akhlak mulia peserta didik yang utuh, terpadu, seimbang, sesuai dengan kompetensi lulusan. Maka dari itu guru dituntut untuk sebisa mungkin menciptakan karakter yang baik kepada siswanya, agar siswa-siswanya menjadi siswa yang berpendidikan dan mempunyai karakter yang baik. Penulis mengambil judul tentang Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin dan Peduli Sosial dalam Pembelajaran kelas V SD N 2 Rejasari Purwokerto Kecamatan Purwokerto Barat Kabupaten Banyumas. Judul ini penulis susun karena sekolah ini baik dalam mengimplementasikan pendidikan karakter, khususnya pendidikan karakter disiplin dan peduli sosial dalam pembelajaran kelas V SD N 2 Rejasari Purwokerto Kabupaten Banyumas. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi pendidikan karakter disiplin dan peduli sosial dalam pembelajaran kelas V SD N 2 Rejasari Purwokerto Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research, dengan menggunakan pendekatan data kualitatif dan penelitian ini bersifat deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu Guru kelas V SD N 2 Rejasari Purwokerto Kabupaten Banyumas. Adapun objek penelitian ini adalah implementasi pendidikan karakter disiplin dan peduli sosial dalam pembelajaran kelas V SD N 2 Rejasari Purwokerto Kabupaten Banyumas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian implementasi pendidikan karakter disiplin dan peduli sosial dalam pembelajaran kelas V SD N 2 Rejasari Purwokerto Kabupaten Banyumas adalah: Implementasi pendidikan karakter disiplin dan peduli sosial yang di sekolah sudah berjalan dengan baik. Bukan hanya pendidikan karakter disiplin dan peduli sosial saja, tetapi pendidikan karakter yang lainnya juga berjalan dengan baik. Hasilnyapun siswa menjadi mempunyai karakter yang baik dalam tingkah lakunya sehari-hari. Tahap atau langkah pelaksanaan dalam implementasi pendidikan karakter disiplin dan peduli sosial dalam pembelajaran kelas V yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter Disiplin dan Peduli Sosial
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.5 School Discipline
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Other Studies for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 06 Feb 2019 00:37
Last Modified: 06 Feb 2019 00:37
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4967

Actions (login required)

View Item View Item