IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN DI KELAS IV MI MA’ARIF NU 01 CILONGOK KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS

ELIS YUNI SETIOWATI, NIM. 1423305101 (2018) IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN DI KELAS IV MI MA’ARIF NU 01 CILONGOK KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (520kB) | Preview
[img] Text
IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN DI KELAS IV MI MA'ARIF NU 01 CI~1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (745kB)

Abstract

Penilaian autentik mencerminkan masalah dunia nyata, akan kehidupan anak atau peserta didik. Penilaian autentik menggunakan berbagai cara kriteria secara holistic (kompetensi utuh yang mereflesikan pengetahuan, keterampilan dan sikap). Penilaian autentik tidak hanya mengukur apa yang diketahui oleh peserta didik, tetapi lebih menekankan kepada pengukuran apa yang dilakukan oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrisipsikan dan menganalisis mengenai bagaimana implementasi penilaian autentik pada pembelajaran tematik di MI Ma’arif NU 01 Cilongok. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yaitu penelitian yang mengungkapkan fakta yang ada di lapangan dengan observasi dan wawancara serta menggunakan dokumentasi. Penelitian ini digolongkan ke dalam jenis penelitian kualitatif yaitu penelitian yang ditujukan untuk mendeskrisipsikan dan menganalisis suatu peristiwa atau fenomena. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari kepala sekolah, guru wali kelas dan siswa MI Ma’arif NU 01 Cilongok. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan penilaian autentik pada pembelajaran tematik telah sesuai dengan teori, meskipun ada beberapa teknik yang belum terlaksana. Teknik penilaian yang digunakan pada ranah afektif diantaranya yaitu teknik observasi, pada ranah kognitif menggunakan teknik tes tertulis, teknik tes penugasan. Sedangkan pada ranah psikomotorik menggunakan teknik unjuk kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penilaian Autentik, Pembelajaran Tematik, MI Ma’arif NU 01 Cilongok
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 06 Feb 2019 08:11
Last Modified: 06 Feb 2019 08:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4964

Actions (login required)

View Item View Item