PENANAMANAN KARAKTER MANDIRI PADA PESERTA DIDIK DI MI MA’ARIF NU JIPANG KECAMATAN KARANGLEWAS KABUPATEN BANYUMAS

ASWATUN HASANAH, NIM. 1423305182 (2018) PENANAMANAN KARAKTER MANDIRI PADA PESERTA DIDIK DI MI MA’ARIF NU JIPANG KECAMATAN KARANGLEWAS KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
ASWATUN HASANAH_PENANAMANAN KARAKTER MANDIRI PADA PESERTA DIDIK DI MI MA’ARIF NU JIPANG KECAMATAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (754kB) | Preview

Abstract

Pendidikan adalah proses penanaman karakter. Penanaman karakter adalah proses menanamankan karakter, dari yang kurang baik menjadi yang lebih baik. Mandiri adalah sikap dan perilaku yang tidak mudah bergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas. Dengan mempunyai sifat mandiri, peserta didik menjadi berani, percaya diri, bertanggungjawab, dan tidak mudah bergantung kepada orang lain. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research. Penelitian ini disajikan dalam bentuk desktiptif dengan tujuan mengambarkan suatu proses yang terjadi dilapangan. Dalam penelitian ini menggambarkan mengenai penanaman karakter mandiri pada peserta didik di MI Ma’arif Jipang Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas. Subjek penelitian ini adalah Kepala MI Ma’arif Jipang, Guru kelas, dan peserta didik MI Ma’arif Jipang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam proses penanaman karakter mandiri pada peserta didik di MI Ma’arif NU Jipang Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas terbagi menjadi empat bentuk kemanidrian, yaitu 1) kemandirian emosi 2) kemandirian ekonomi 3) kemandirian intelektual 4) kemandirian sosial Dengan menggunakan beberapa metode, yaitu metode pembiasaan atau kegiatan rutin, metode keteladanan, metode hukuman dan teguran, metode bercerita, metode karyawisata, metode kegiatan spontan serta metode pengkondisian lingkungan. Langkah-langkah yang dilakukan dalam proses menanamkan karakter mandiri peserta didik yaitu dengan mengawali dengan keterampilan mengurus diri sendiri, memulai dari tugas-tugas sederhana, melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, mendorong peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam pengambilan keputusan dan dalam berbagai kegiatan sekolah, memberi kebebasan pada peserta didik untuk mengeksplorasi lingkungan, menjalin hubungan yang akrab dan harmonis dengan semua peserta didik, membiasakan peserta didik berperilaku sesuai tata krama, memotivasi peserta didik supaya tidak malas-malasan, mendidik peserta didik untuk terbiasa rapih, dan sering mengajak berdiskusi tentang pentingya memiliki sikap mandiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penanaman Karakter, karakter Mandiri.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3305 Disiplin Sekolah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3308 Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 31 Jan 2019 00:52
Last Modified: 31 Jan 2019 00:52
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4958

Actions (login required)

View Item View Item