KINERJA GURU DI MTs MA’ARIF NU 01 CILONGOK DAN MTs MUHAMMADIYAH PATIKRAJA KABUPATEN BANYUMAS

HIDAYATUN APRIANI, NIM. 1423402116 (2018) KINERJA GURU DI MTs MA’ARIF NU 01 CILONGOK DAN MTs MUHAMMADIYAH PATIKRAJA KABUPATEN BANYUMAS. Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BABI_BABV_DAFTAR PUSTAKA_HIDAYATUN APRIYANI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
HIDAYATUN APRIYANI_KINERJA GURU.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara mendalam kinerja guru di MTs Ma‟arif NU 1 Cilongok dan MTs Muhammadiyah Patikraja Kabupaten Banyumas, serta implikasinya terhadap upaya peningkatan mutu pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan mengambil dua lokasi penelitian di MTs Ma‟arif NU 1 Cilongok dan MTs Muhammadiyah Patikraja. Subyek penelitian adalah kepala madrasah, wakil kepala madrasah, guru. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, kinerja guru di MTs Ma‟arif NU 01 Cilongok dan MTs Muhammadiyah Patikraja Kabupaten Banyumas menunjukkan hasil yang baik dan efektif. Hal ini dapat dilihat dari berbagai upaya atau langkah-langkah yang telah dilakukan di antaranya: pembinaan kinerja guru, pembinaan disiplin guru, pengendalian dan pengawasan, motivasi, penghargaan, serta penanaman komitmen. Peningkatan kinerja guru di MTs Ma‟arif NU 1 Cilongok dilakukan dengan pembinaan dan pengembangan profesi dan karir guru, baik dalam bentuk pendidikan dan pelatihan (diklat), dan bukan diklat. Sedangkan MTs Muhammadiyah Patikraja melakukan beberapa program dan kegiatan peningkatan guru berupa seminar dan workshop, MGMP, mencari informasi baru secara mandiri, peningkatan kesejahteraan guru dan supervisi pendidikan. Kedua, Kinerja guru, baik di MTs Ma‟arif NU 01 Cilongok maupun MTs Muhammadiyah Patikraja Kabupaten Banyumas, berimplikasi terhadap mutu pendidikan. Hal ini diwujudkan dengan para guru selalu membuat perencanaan pembelajaran, menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi dan memperhatikan kondisi peserta didik sebelum menggunakan metode tertentu dalam proses belajar mengajar, dan mewujudkan iklim kelas yang kondusif. Dengan terciptanya pembelajaran yang efektif dan efisien berakibat dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dan terwujudnya pendidikan yang bermutu.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kinerja, Guru, Implikasi, Mutu, Pendidikan, teacher professionals
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.12 Professional Qualifications of Teacher
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 28 Jan 2019 02:54
Last Modified: 28 Jan 2019 02:54
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4953

Actions (login required)

View Item View Item