IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SCIENTIFIC PADA MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 4 PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS

EKO NUR HANI HAYATNO, NIM. 1423301132 (2018) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SCIENTIFIC PADA MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 4 PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (459kB) | Preview
[img] Text
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SCIENTIFIC PADA MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 4 PURWOKERTO KABUPATEB BANYUMAS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (664kB)

Abstract

Pembelajaran adalah proses kegiatan belajar mengajar yang dilakukan guru dan peserta didik dalam situasi tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti adalah pendidikan yang memberikan pengetahuan dan keterampilan serta membentuk sikap, dan kepribadian peserta didik dalam mengamalkan ajaran agama Islam. Sikap religius, mencintai lingkungan, dan bertoleransi yang tertanam dalam diri siswa. Hal ini menunjukan pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti yang disampaikan oleh guru kepada siswa dapat diterima dengan baik oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang bagaimana implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi peketi di SMP Negeri 4 Purwokerto kabupaten Banyumas, yang meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan penilaian pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research dimana peneliti terjun langsung kelapangan untuk memperoleh data dan informasi terkait dengan penelitian yang dilakukan. Objek penelitian ini adalah implementasi pembelajaran scientific pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Negeri 4 Purwokerto Kabupaten Banyumas. Sedangkan subyek penelitiannya adalah guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 4 Purwokerto Kabupaten Banyumas. Untuk memperoleh informasi dan data-data dalam penelitian penulis menggunakan beberapa teknik yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisa data yang diperoleh dari hasil penelitian penulis menggunakan teknik analisis data yang terdiri dari tiga alur kegiatan yang meliputi: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian yang sudah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran scientific pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Negeri 4 Purwokerto Kabupaten Banyumas meliputi. (1) Tahap perencanaan Pembelajaran, pada tahap ini guru membuat rencana pelaksanaan pembelajaran; (2) Tahap Pelaksanaan Pembelajaran, dalam tahap ini terdapat tiga kegiatan yang dilakukan guru, yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup; dan (3) Tahap Penilaian Pembelajaran yang meliputi penilaian pengetahuan, penilaian sikap dan penilaian keterampilan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Scientific, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, SMP.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 31 Jan 2019 00:47
Last Modified: 31 Jan 2019 00:47
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4952

Actions (login required)

View Item View Item