PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF MATA PELAJARAN IPS KELAS V DI MI MA’ARIF NU 01 CIPAWON KECAMATAN BUKATEJA KABUPATEN PURBALINGGA

MARYAM BATRISYIA, 1423305068 PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF MATA PELAJARAN IPS KELAS V DI MI MA’ARIF NU 01 CIPAWON KECAMATAN BUKATEJA KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (730kB) | Preview
[img]
Preview
Text
MARYAM BATRISYIA_PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF MATA PELAJARAN IPS KELAS V DI MI MA’ARIF N.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Strategi merupakan sebuah perangkat yang sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Strategi pembelajaran aktif di desain untuk menciptakan suasana pembelajaran yang merangsang keterlibatan peserta didik secara aktif dalam proses pembelajaran, sehingga peserta didik mempunyai sikap kemandirian, mampu berpikir kritis, dan kreatif. Maka dari itu pendidik dituntut untuk kreatif melakukan berbagai strategi yang sesuai dengan materi dan diharapkan dapat diterima dengan mudah oleh peserta didik. Salah satu strategi yang dapat diterapkan adalah strategi pembelajaran aktif. Dari hasil penelitian di MI Ma’arif NU 01 Cipawon, pendidik mata pelajaran IPS sudah menerapkan strategi pembelajaran aktif dalam pembelajaran IPS. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan strategi pembelajaran aktif dalam mata pelajaran IPS kelas V di MI Ma’arif NU 01 Cipawon Kecamatan Bukateja Kabupten Purbalingga. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau field research dengan jenis penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini antara lain metode observasi, metode interview, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif yang terdiri atas reduksi data, penyajian data dan verivikasi data. Dari hasil analisis yang dilakukan penulis, didapatkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif mata pelajaran IPS di MI Ma’arif NU 01 Cipawon Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga dilaksanakan tiga jam pembelajaran perminggu dan dalam proses pembelajarannya guru menggunakan strategi pembelajaran aktif meliputi: Poster Session, Card Sort, Reading Aloud, True Or False dan Every one is a teacher here.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Aktif, Mata Pelajaran IPS Kelas V, MI Ma’arif NU 01 Cipawon.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 23 Jan 2019 07:11
Last Modified: 23 Jan 2019 07:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4948

Actions (login required)

View Item View Item