IMPLEMENTASI STRATEGI INKUIRI DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS III DI MI MAARIF NU 1 PANCASAN KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS

BUDI AJI PRAKOSO, 1423305097 IMPLEMENTASI STRATEGI INKUIRI DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS III DI MI MAARIF NU 1 PANCASAN KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (595kB) | Preview
[img]
Preview
Text
IMPLEMENTASI STRATEGI INKUIRI DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS III DI MI MA'ARIF NU 1 PANCASAN KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS.pdf

Download (762kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa kelas III MI Ma’arif NU 1 Pancasan, merupakan kelas yang sudah menerapkan strategi inkuiri dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Dengan demikian peneliti merasa tertarik untuk melakukan penelitian guna mengkaji lebih dalam tentang penerapan strategi inkuiri dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas III di MI Ma’arif NU 1 Pancasan, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimana Implementasi Strategi Inkuiri dalam Pembelajaran IPS Kelas III Materi Lingkungan Alam dan Buatan di MI Ma’arif NU 1 Pancasan Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah implementasi strategi inkuiri sudah sesuai dengan langkah-langkah pelaksanaan atau belum. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif yaitu peneliti memahami suatu fenomena secara langsung ke lapangan untuk memperoleh informasi terkait implementasi strategi inkuiri. Objek penelitian ini adalah strategi inkuiri dalam pembelajaran IPS Kelas III di MI Ma’arif NU 1 Pancasan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan analisis data dengan teknik analisis model sugiyono yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kegiatan pembelajaran menggunakan strategi inkuiri sudah sesuai dengan teori yang peneliti paparkan pada bab II. Pembelajaran dengan implemntasi strategi inkuiri di MI Ma’arif NU 1 Pancasan meliputi kegiatan perencanaan mulai dari silabus sampai penyusunan RPP. Kegiatan pelaksanaan pembelajaran guru kelas III ini menggunakan langkah-langkah strategi inkuiri yakni, orientasi guru mengajak siswa untuk berfikir memecahkan masalah, merumuskan masalah dengan dihadapkan pada suatu persoalan yang mengandung teka-teki, merumuskan hipotesis tau jawaban sementara dari suatu permasalahan yang sedang dikaji, mengumpulkan data dengan cara mengembangkan kemampuan pada setiap siswa, menguji hipotesis dengan cara memberikan kesempatan kepada siswa untuk membacakan hasil diskusinya, dan merumuskan kesimpulan dengan cara guru memberikan bimbingan pada jawaban siswanya. Hal ini menunjukan bahwa MI Ma’arif NU 1 Pancasan telah berhasil menerapkan strategi inkuiri untuk menjadikan siswa menjadi lebh aktif, dan kritis dalam kegiatan belajar mengajar (KBM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi inkuiri, Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 23 Jan 2019 07:03
Last Modified: 23 Jan 2019 07:03
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4946

Actions (login required)

View Item View Item