PEMBINAAN AKHLAK SANTRI MELALUI PEMBELAJARAN TAUHID DI MADRASAH DINIYAH MINHAJUT THOLABAH KEMBANGAN KECAMATAN BUKATEJA KABUPATEN PURBALINGGA

Hendri Puspito, NIM: 102338175 (2018) PEMBINAAN AKHLAK SANTRI MELALUI PEMBELAJARAN TAUHID DI MADRASAH DINIYAH MINHAJUT THOLABAH KEMBANGAN KECAMATAN BUKATEJA KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
HENDRI PUSPITO_PEMBINAAN AKHLAK SANTRI.PDF
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: http://lib.iainpurwokerto.ac.id

Abstract

Pembinaan Akhlak Santri Melalui Pembelajaran Tauhid di Madrasah Diniyah Minhajut Tholabah Kembangan Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga adalah proses, cara, perbuatan membina agar terpatri satu sifat yang darinya lahir perbuatan-perbuatan yang baik bagi santri melalui kesatuan sistem yang sengaja dirancang agar siswa mampu mengesakan Allah yang dilaksanakan di Madrasah Diniyah Minhajut Tholabah Kembangan Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga khususnya di tingkat Ula. Fokus dalam penelitian ini adalah “Bagaimana pelaksanaan pembinaan akhlak santri yang dilakukan melalui pembelajaran tauhid di Madrasah Diniyah Minhajut Tholabah Kembangan Kabupaten Purbalingga?” Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, dengan metode pengumpulkan data: (1) Metode Observasi, untuk memperoleh gambaran tentang pembinaan akhlak yang dilaksanakan dalam pembelajaran tauhid, (2) Metode Wawancara, untuk mendapatkan data-data yang berhubungan dengan pembinaan akhlak yang dilaksanakan dalam pembelajaran tauhid,, (3) Metode Dokumentasi, untuk mengumpulkan data gambaran umum Madin, rencana, pelaksanaan dan evaluasi pembinaan akhlak yang dilaksanakan dalam pembelajaran tauhid,. Analisis data adalah analisis kualitatif dengan teknik analisis model interaktif Miles dan Huberman yang dilakukan melalui tiga alur kegiatan yang saling berkaitan antara satu dengan lainnya. Pembinaan akhlak yang dilaksanakan dalam pembelajaran tauhid yaitu dengan menanamkan keyakinan pada santri tentang kekuasaan Allah dan pengawasan-Nya sehingga apapun yang dilakukan oleh santri tidak akan luput dari pengawasan Allah. Selain itu, dengan penekanan bahwa para malaikat Allah senantiasa mencatat segala perbuatan manusia, yang baik maupun yang buruk, yang terang-terangan maupun yang hanya dalam hati. Sehingga apapun perbuatan santri akan diketahui dan dicatat sebagai amal baik maupun amal buruk yang akan dimintakan pertanggungjawabannya kelak di hari kiamat. Pembelajaran Tauhid yang dilaksanakan di Madrasah Diniyah Minhajut Tholabah menggunakan kitab ‘Aqidatul Awwam karangan Ahmad Al-Marzuqi. Dalam pembelajarannya, selain menggunakan metode sorogan dan bandongan, ustadz juga menggunakan metode ceramah, nasihat, tanya jawab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembinaan Akhlak, Pembelajaran Tauhid, dan Madrasah Diniyah
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3208 Peserta Didik
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 29 Jan 2019 01:44
Last Modified: 29 Jan 2019 01:44
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4941

Actions (login required)

View Item View Item