IMPLEMENTASI PEMBINAAN TENAGA KEPENDIDIKAN BERBASIS BUDAYA KERJA ISLAMI DI MTs AL HIDAYAH KARANGSUCI PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS

RETNO WATI NURJANAH, NIM. 1423303026 (2018) IMPLEMENTASI PEMBINAAN TENAGA KEPENDIDIKAN BERBASIS BUDAYA KERJA ISLAMI DI MTs AL HIDAYAH KARANGSUCI PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I PENDAHULUAN_BAB V PENUTUP_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (615kB) | Preview
[img] Text
RETNO WATI NURJANAH_IMPLEMENTASI PEMBINAAN TENAGA KEPENDIDIK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Sebagai seorang muslim seyogianya sadar bahwa Islam bukanlah sekedar seperangkat konsep normatif ideal, melainkan juga suatu bentuk praktik dari amal aktual, amal yang nyata. Islam bukan ajaran teoritis atau hanya sederetan ritual peringatan yang terlepas dari roh yang sebenarnya, yaitu beramal sholeh. Sehubungan dengan hal itu membudayakan budaya kerja berbasis Islami sebagai seorang muslim sangat penting untuk diterapkan. Karena pendidikan di Indonesia selama ini lebih mementingkan proses peningkatan kemampuan akal, jasmani, dan ketrampilan. Peningkatan kualitas kalbu, ruhani, dan akhlak kurang diperhatikan, sehingga kerusakan akhlak anak didik tidak dapat dihindari, maka penulis beranggapan bahwa selain pendidik, tenaga kependidikan juga harus senantiasa menanamkan karakter pada siswa untuk mengatasi dan membentengi bahkan mencegah agar agar siswa tidak melakukan perilaku yang tidak bermoral dengan cara menerapkan kurikulum yang tersirat atau yang sering disebut dengan hidden curriculum dimana kurikulum formal dan hidden curriculum tidak dapat dipisahkan dalam prakteknya di lingkungan sekolah/ madrasah. Karena untuk melaksanakan hidden curriculum seorang tenaga kependidikan juga perlu dibekali pembinaan tenaga kependidikan berbasis budaya kerja Islami maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembinaan tenaga kependidikan berbasis budaya kerja Islami di MTs Al Hidayah Karangsuci Purwokerto. Persoalan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi pembinaan tenaga kependidikan berbasis budaya kerja Islami di MTs Al Hidayah karangsuci purwokerto? Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, lokasi penelitian berada di MTs Al Hidayah Karangsuci Purwokerto Kabupaten Banyumas. Subjek penelitian meliputi kepala madrasah, waka kurikulum, kepala TU, dan staff TU. Objek penelitian ini adalah implementasi pembinaan tenaga kependidikan berbasis budaya kerja Islami. Adapun teknik pengambilan data yang penulis gunakan meliputi teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Hubberman meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pembinaan tenaga kependidikan dilaksanakan melalui tiga cara yakni pembinaan dengan cara berkelompok, pembinaan dengan cara individual, dan pembinaan dengan cara keteladanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembinaan Tenaga Kependidikan, Budaya Kerja Islami dan Hidden Curriculum
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3302 Administrasi dan Manajemen
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 18 Jan 2019 03:20
Last Modified: 18 Jan 2019 03:20
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4916

Actions (login required)

View Item View Item